Kapan Waktunya Ganti Aki Motor? Ini Pembahasan Lengkapnya!

Aki merupakan komponen yang penting dalam kendaraan bermotor. Hampir semua aktivitas mulai dari menyakan mesin (starter), membunyikan klakson, menyalakan lampu motor, memerlukan daya yang di supply langsung dari aki tersebut. Secara umum bagian ini mempunyai masa pakai yang cukup lama, apabila Anda dapat menggunakan secara efektif, aki motor bisa bertahan sampai satu sampai dua tahun. Ya, daya yang di hasikan jelas terbatas, apabila sepeda motor kamu sudah di gunakan selama lebih dari 2 tahun, maka ada baiknya untuk mengecek kondisi aki.

Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit membahas beberapa tanda-tanda kapan kamu perlu mengganti aki motor. Jangan risau, metode ini tidak mengharuskan kamu untuk membongkar ini dan itu. Bahkan beberapa hal simpel saja sudah bisa menjadi indikator bahwa kondisi aki motor kamu sudah perlu di ganti dengan yang baru. Oke, daripada tambah penasaran lebih baik langsung saja simak informasi berikut.

1.Motor Tidak Hidup, Padahal Sudah Pencet Starter

Hampir semua orang pasti lebih suka menyalakan motor dengan hanya menekan tombol starter. Ya, kecuali kalau kamu ingin sedikit berloahraga dengan engkol motor. Itu pun tidak langsung nyala, biasanya perlu satu sampai tiga kali bahkan lebih. Tombol starter yang tidak merespons ini adalah tanda bahwa aki motor sudah soak(perlu di ganti). Namun, hal ini juga perlu pengecekan lebih lanjut, karena memungkinkan juga apabila tombol starter tidak hidup meskipun aki baru. Ini pengecualian, namun pada umumnya kalau tombol tersebut mati berarti ada masalah dengan aki motornya.

2.Klakson Tidak Bunyi/Suaranya Tidak Keras

Klakson yang tidak berbunyi ketika tombolnya di tekan juga bisa menandakan bahwa aki tersebut sudah habis masa pakainya. Untuk yang satu ini cukup mudah, kamu hanya perlu mencoba membunyikan klakson, apabila tidak terdengar suara maka kemungkinan besar ada masalah. Namun, hal ini tetap ada pengecualiannya, terkadang kerusakan pada bagian output klakson juga bisa menyebabkan bagian tersebut tidak berfungsi.

3.Aksesoris Lampu Tidak Menyala

Lampu sen kanan-kiri, lampu depan utama, dan bagian belakang pada umumnya akan menyala ketika dalam kondisi tertentu. Apabila mengerem biasanya lampu berwarna merah di belakang akan menyala, sedangkan untuk sen jelas penting ketika kamu ingin berbelok ke kanan atau kiri. Lampu utama di depan berfungsi sebagai penerangan pada kondisi jalan yang gelap.

Nah, ketika aki motor kamu mulai memberikan sinyal, lampu akan mulai meredup. Seharusnya mudah di deteksi, penerangan di jalan yang gelap akan menjadi kurang nyaman. Segera cek kondisi aki motor jika hal ini terjadi. Meskipun hanya sekadar lampu, namun aksesoris ini terbukti sangat penting.

Kesimpulan

Itu dia beberapa hal penting yang berkaitan dengan tanda-tanda kamu harus mengganti aki motor. Secara keseluruhan indikator di atas cukup mudah untuk di pahami bahkan untuk orang yang awam dalam hal otomotif sekalipun. Namun, hal yang menjadi problem adalah masing-masing masalah dalam sepeda motor tidak bisa berdasarkan asumsi. Jika kamu benar-benar ingin pengecekan yang menyeluruh dan pasti, maka sebaiknya datang ke pusat perbaikan motor resmi.

Team profesional biasanya akan langsung mencopot dan mengecek kondisi aki motor secara lebih detail. Ya, memang benar bahwa indikator di atas bisa di jadikan referensi untuk bersiaga dan tetap waspada. Namun, untuk lebih akuratnya lebih baik cek kondisi aki motor pada orang yang benar-benar berpengalaman di bidangnya.

Apabila kamu berlokasi di sekitar Jabodetabek, bisa banget datang ke Bintang Mobile Service sarana terbaik untuk mengecek kondisi sepeda motor kamu termasuk akinya juga. Kami akan memberikan penjelasan secara mendetail dengan bahasa yang mudah di pahami. Untuk biaya juga relatif terjangkau, jangan ragu untuk mampir ke tempat pengecekan sepeda motor Kami ya.

Comments

  • Custom Feast
    Desember 20, 2021 at 6:53 pm

    Ngomong-ngomong soal Aki, kami ada beberapa informasi tentang rekomendasi toko aki di beberapa kota.

    bisa simak di blog kami, mari mampir:
    Blog Otomotif

Add a comment

Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
Layanan online Honda Bintang Motor
Slow respon
Pesan anda akan kami balas segera mungkin
Terimakasih