Kelebihan Rem Cakram Pada Sepeda Motor

Bintangmotor.com – Teknologi pengereman pada sepeda motor semakin terus berkembang seiringnya waktu. Setelah dahulu pengereman teromol, sistem pengereman yang dipakai saat ini sebagian besar motor produksi massal adalah cakram (disc brake).

Penggunaan rem cakram saat ini ada beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut :

  1. Lebih Pakem
    Penggunaan Rem cakram lebih pakem dibandingkan dengan rem teromol. Karena tingkat kepakeman pada rem cakram bisa Bro-Sis sesuaikan dengan penggunaan kampas remnya bisa di ganti dengan yang lebih tebal atau juga bisa memasang dua cakram untuk meningkatkan daya pengereman.
  2. Lebih Efisien Membuang Panas
    Penggunaan rem cakram yang posisinya berada di luar memungkinkan terjadinya pembuangan panas lebih optimal setelah terjadi gesekan antara cakram dengan kampas rem.
  3. Tidak Cepat Merusak Roda
    Sistem rem cakram berbeda dengan sistem rem teromol. Pada sistem rem teromol, sepatu kampas rem langsung terhubung ke pegas, karena terhubung langsung sehingga menimbulkan adanya daya gesekan yang besar. Efeknya, akan timbul panas yang berlebih dalam pelek hal tersebut bisa merusak roda secara bertahap. Namun Bros-Sis tenang saja pada sistem rem cakram tidak akan terjadi hal seperti itu.
  4. Mudah Dalam Perawatan
    Penggunaan rem cakram pemilik hanya perlu membersihkan piringan dan kampas dengan amplas.
  5. Harga Suku Cadang Yang Terjangkau
    Artinya jika ada kerusakan pada rem cakram, kemungkinan rusaknya hanya kampas, cakram, atau caliper dan harga dari part tersebut terbilang terjangkau.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment