Bintangmotor.com – Kenapa inden Honda Scoopy begitu lama? Mungkin pertanyaan itu yang ada di dalam benak Brosis jika berminat membeli Honda Scoopy.

 

Kenapa Inden Honda Scoopy Begitu Lama?

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab panjangnya antrian indent, termasuk juga beberapa faktor “X” seperti :

1. Permintaan lebih tinggi dari kapasitas produksi

Setiap pabrikan besar sudah pasti melakukan market research (riset pasar) sebelum meluncurkan produk baru. Hal itu untuk memperkirakan jumlah permintaan dari konsumen yang selanjutnya akan di sesuaikan dengan kapasitas pabrik tempat produksi.

Honda All New Scoopy ini di targetkan terjual (di produksi) sebanyak 55,000 unit / bulan. Artinya menjadi 495,000 sampai akhir tahun 2017 (sejak launchingnya di akhir bulan Maret lalu). Tapi ternyata permintaan dari calon konsumen melebihi angka tersebut.

2. Pembagian unit di dealer di bawah permintaan pasar

Setiap dealer memiliki kapasitas penjualan yang berbeda-beda. Karena itu main dealer tiap wilayah pun memberikan jatah yang berbeda sesuai dengan kemampuan penjualan dealer tersebut.

Contoh: asumsi jatah unit Scoopy adalah 10% dari total jatah dealer,

Dealer A punya kapasitas jual 200 unit / bulan, berarti dia punya jatah Scoopy 20 unit / bulan. Sedangkan dealer B kapasitasnya 500 unit / bulan, maka unit Scoopy 50 biji / bulan.

Jika Brosis mengajukan indent di dealer A, maka indent Brosis menjadi lebih lama (secara logika sederhana). Maka dari itu, di sarankan untuk melakukan indent di dealer yang relatif ramai.

3. Pilihan warna tidak tersedia

Indent menjadi lebih lama jika  kita memilih warna atau (request type), warna yang kita minati tidak tersedia di dealer. Jadi lebih pilih cepat dengan warna yang ready stock.

4. Jadwal pengiriman

Brosis indent di bulan Agustus, tapi jadwal pengiriman unit motor dari main dealer baru akan di lakukan pada bulan Oktober (pengiriman ke dealer wilayah).

Hal-hal tersebut lah yang dapat membuat Honda Scoopy Indent Bintang Motor juga meminta maaf kepada seluruh konsumen yang sudah setia masih menunggu indent Honda Scoopy.

Di saat sulitnya mendapat stock, banyak kabar beredar bahwa di Dealer A (contoh) Honda Scoopy lebih cepat dibanding Dealer B (contoh). Konsumen sendiri menjadi curiga adanya permainan di dalam Dealer untuk mendahului konsumen yang mau membayar lebih atau untuk pengambilan kredit.

Semua indent Honda Scoopy dari semua Dealer Honda dilakukan melalui sistem dari Main Dealer kami dimana semua indent diberi no urut yang tidak bisa diganggu gugat.

Semua Honda Scoopy yang turun pun sudah memiliki nama konsumen sehingga dealer tidak bisa bermain dengan unit itu.

Jika konsumen batal dimana motor sudah datang ke Dealer, maka Dealer harus mengalihkan kepada no indent berikutnya karena itulah prosedurnya dan tidak bisa diganggu gugat karena telah menggunakan sistem.

Sistem inilah yang tidak memungkinan Dealer untuk bermain maupun upping harga Honda Scoopy. Kehadiran sistem ini juga yang berarti lama indent Honda Scoopy di setiap dealer pastilah sama.

Saat ini PT. AHM sedang terus menaikkan produksi Scoopy untuk memenuhi permintaan masyarakat.