Komponen Sepeda Motor yang Gampang Rusak Akibat Musim Hujan

Bintangmotor.com – Beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Musim hujan selalu identik dengan genangan air di jalanan.

Air hujan yang mengandung oksigen bersifat korosif sehingga membuat beberapa komponen di motor cepat berkarat jika dibiarkan terkena air hujan tanpa dibilas air bersih.

Membiarkan motor dalam keadaan kotor setelah hujan, apalagi dalam waktu lama dapat membuat beberapa komponen motor menjadi korban.

Berikut komponen motor yang harus dirawat secara benar saat musim hujan.

  1. Kampas Rem
    Cipratan air hujan yang mengandung pasir dan lumpur bisa menumpuk di kampas rem. Bila tidak dibersihkan akan muncul suara berdecit saat roda berputar.
    Hal ini dikarenakan kotoran menempel di kampas rem bergesekan dengan piringan cakram. Jika dibiarkan, piringan cakram secara perlahan bisa rusak.
  2. Mesin
    Kotoran seperti pasir dan lumpur yang terbawa dari air hujan akan menempel di mesin.
    Hal ini akan membuat mesin kesulitan melepas panas secara normal.
    Performa motor menjadi tidak optimal. Begitu pula jika kotoran sampai menempel di kisi-kisi radiator, motor bisa mengalami overheat, karena asupan udara terhambat.
  3. Suspensi
    Suspensi jika diarkan kotor akan mengeluarkan suara berdecit saat sedang digunakan.
    Air yang menempel pada suspensi akan membuat pelumas menjadi larut. Membuat suspensi menjadi kering, dan kerjanya tidak optimal.
  4. Karet Seal
    Komponen pada motor banyak yang dilindungi karet seal. Termasuk pada bagian tromol, suspensi, atau pelek.
    Namun Karet seal juga rawan getas atau mengeras jika terkena air hujan terus menerus.
  5. Tutup Busi
    Komponen ini berfungsi untuk menghindari kebocoran arus antar sambungan busi dan menjaga resistansi internal yang tinggi supaya bisa dihindari.
    Sehingga performa mesin tidak akan terpengaruh. Jika bagian ini rusak, dan busi terkena air, fungsi kelistrikan serta pengapian akan terhambat, sehingga motor bisa mogok.
  6. Rantai Motor
    Rantai pada motor memiliki pelumas. Pelumas ini bisa mengering jika secara terus menerus terkena air hujan.
    Apabila dibiarkan, rantai tidak terlindung pelumas dengan baik, sehingga timbul karat dan menimbulkan suara yang mengganggu saat berkendara. Karat pada rantai lebih sulit untuk dihilangkan.
  7. Komponen Logam
    Komponen logam akan mudah berkarat jika terkena air hujan terus menerus. Komponen logam menjadi korosi atau berkarat akibat kandungan garam dalam air hujan.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment