Manado – Saya mempunyai motor Honda Vario Techno 110. Kadang motor saya Vario Tecjno boros bahan bakar dan kalau di jalan lurus tidak ada masalah, tetapi kalau di tanjakan suka tidak kuat.

Gasnya sudah diputar full, dan motor enggak jalan kalau enggak dibantu pakai kaki. Sudah beberapa kali saya bawa ke bengkel resmi Honda dan hasilnya tetap sama.

Saya sudah ganti busi, karburator dibongkar dan lain-lain hasilnya tetap saja gak bisa menanjak. Kenapa ya saya bingung juga, terima kasih atas penjelasannya.

Bangkit
Manado

Jawaban:

Halo salam detik Oto, keluhan mengenai Vario Techno boros berhubungan sekali dengan tarikan motor, jika tarikan motor berat biasanya bahan bakar menjadi boros karena ada kemungkinan terjadi keausan pada beberapa bagian di dalam blok CVT.

Lakukan pengecekan kembali pada bagian CVT, diantaranya cek ketebalan V belt apakah ada kemungkinan sudah terjadi keretakan/mulur sehingga menjadi longgar, periksa juga kondisi kanvas kopling sentrifugal (weight set) berikut rumah/mangkok kopling (ketebalan minimal kanvas kopling min 2 mm)

Pastikan juga tidak ada kontaminasi gemuk/grease di bagian CVT yang bisa mengakibatkan selip.

Selain itu periksa juga kondisi roller dari keausan (diameter roller min 17.5 mm, dan terpenting periksa per driven face, batas servis 108.0 mm kalau per sudah mengkerut/lemah akan menyebabkan per driven face mengecil sebelum waktunya sehingga tarikan jadi berat dan nanjak kurang kuat.

Demikian jawaban dari saya semoga bermanfaat
Andriyanto & Team Bintang Motor

(sumber: detikoto)