Pertanyaan:
Salam kenal AHASS Bintang. Saya punya masalah di motor Supra Fit 2006 saya, lampu rem motor sering mati padahal sudah ganti bohlam baru. Selain itu, lampu depannya juga mati. Untuk mesin sih tidak ada keluhan, hanya di kelistrikan lampunya yang bermasalah sering mati begitu. Mohon pencerahannya mas AHASS, jujur saja saya pusing di buatnya.

Terima kasih
Hendra – Jakarta

Jawaban:
Salam Satu Hati mas Hendra. Jangan putus asa dengan masalah di motor kesayangannya. Pasti ada solusi untuk masalah tersebut. Dari pengalaman kami, silahkan bisa di cek bagian-bagian berikut:

1. Kiprok. Jika kondisi kiprok rusak, otomatis fungsinya sebagai pengatur arus yang masuk ke bohlam berlebih. Hal ini membuat bohlam kepanasan dan putus. Solusi, ganti kiprok dengan yang baru dan pastikan asli Honda.

2. Spull penerangan tidak normal. Hal ini menyebabkan arus yang masuk ke kiprok juga tidak sesuai standar. Solusi, gulung spull atau ganti spull baru.

3. Cek dudukan bohlam, jika ia menerima getaran berlebih, masa pakainya pun bisa lebih pendek. Pastikan dudukan bohlam belakang kencang (tidak kendor).

Demikian hal yang perlu di cek mas. Silahkan untuk pengecekan motor bisa di bawa ke bengkel kepercayaan.

Salam
AHASS Bintang Motor