Pertanyaan:

Selamat siang mas AHASS, saya punya motor Revo Absolute tahun 2010, sampai saat ini KM sudah mencapai 73.600 KM. Kendalanya, kenapa ya sekarang motor saya terasa ngeden seperti tidak ada tenaga saat akslerasi dan top speednya tidak maksimal? Selain itu, mesin terasa lebih panas pada jarak tempuh 30 – 60 KM. Mohon solusinya untuk keluhan ini, sekian & terima kasih.

Jawaban:

Salam kenas mas Widi, kalau di lihat dari jarak tempuh motor Absolute Revo mas Widi sudah mencapai 73.600 KM, berarti jam terbang motor ini sudah tinggi. Kalau tarikan ngeden, bisa coba dicek apakah kondisi kanvas kopling masih layak pakai?, kalau kanvas kopling masih OK tetapi tarikan ngeden coba cek kondisi ruang bakar berikut  kondisi rantai mesin, piston, dan ring piston. Sebab kalau terlalu banyak kerak pada ruang bakar dan kondisi silinder beserta ring piston sudah aus, bisa menyebabkan tekanan kompresi bocor dan tenaga turun. Untuk rantai mesin, kalau belum pernah ganti, baiknya juga diganti karena idealnya rantai mesin di ganti setiap 25.000 KM.
Mengenai masalah mesin panas,  apabila panasnya terasa tidak wajar, kami sarankan gunakan oli standar pabrikan. Oli standar pabrikan bisa menggunakan AHM oil MPX1 0.8 liter. Pastikan juga sirkulasi oli mesin lancar.
Cara pengecekan sirkulasi oli: semprotkan oli lewat lubang baut tutup klep yang bawah, ketika baut di lepas dan motor di hidupkan harus ada oli yang muncrat dari situ. Kalau dirasa semprotan oli tidak lancar, sebaiknya cek kondisi gear pompa oli, saluran oli dan pompa oli.

Untuk pengecekan sirkulasi ini, kami sarankan jika merasa ragu lebih baik motor di bawa ke AHASS terdekat.

Demikian jawaban dari permasalah mas Widi, semoga membantu.