Mengganti Rantai Motor Harus Sesuai Kode dan Spesifikasinya

Bintangmotor.com – Rantai motor berfungsi sebagai pengantar tenaga dari mesin. Agar kondisinya tetap prima dan berjalan sesuai dengan fungsinya, rantai motor harus mendapatkan perawatan yang teratur.

Terlebih jika pengguna motor senang memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Jika membahas rantai motor, maka tak luput dari kode dan angka yang melekat pada rantai kendaraan.

Spesifikasi rantai motor berbeda-beda, jadi tidak dianjurkan untuk asal memasang rantai motor. Penggunaan rantai motor tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.

Spesifikasi yang dimaksud pada rantai biasanya sudah tercantum pada kode yang melekat di komponen tersebut.

Contoh kodenya adalah 420SB-102, 520V-106, atau 428H-116. Kode tersebut memiliki arti, yakni SB adalah singkatan dari solid bushing dan bushing adalah nama lain dari as, yang mana pin akan masuk pada posisi bushing berada.

Lalu kode H yang memiliki kepanjangan untuk high tension. Huruf ini merupakan informasi pembeda terhadap pelat bagian dalam.

Dan huruf V yang menunjukkan bahwa rantai tersebut dilengkapi dengan sil penahan gemuk. Kemudian angka-angka tersebut juga memiliki arti, yaitu angka pertama pada kode 428H-116, arti dari angka 4 adalah jarak antar-pin.

Lalu angka kedua dan ketiga punya arti jarak antar pelat dalam, pelat dalam disebut juga inner plate yang posisinya tepat di bawah pelat atas.
Pada Angka 28 berarti jarak lebar pelat 7,94 mm, angka itu didapat dari tabel standar rantai.

Setelah angka yang berada di depan, ada juga angka yang di belakang seperti 116. Angka tersebut memiliki arti panjang rantai, yaitu berarti panjang rantainya 116 mata.

Angka yang menunjukan panjang rantai, berarti jumlah mata rantai tempat masuknya gigi-gigi gir belakang dan depan.

Sebaiknya jika ingin mengganti rantai sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh pabrikan, dengan membeli rantai original Honda.

Honda Bintang Motor juga menyediakan sparepart Original Honda yang lengkap dan yang pastinya tidak mengecewakan konsumen.

Untuk melakukan penggantian atau pembelian sparepart motor, bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Honda Bintang Motor (AHASS).
Honda Bintang Motor sudah tersedia di 19 kota di Indonesia.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment