Merawat V-Belt Motor Matic Tanpa Ribet

Bintangmotor.com – V-belt adalah salah satu komponen penting sepeda motor. V-belt memiliki fungsi menghubungkan puli depan dan belakang agar motor bisa berjalan dengan baik.

Perawatan pada v-belt tidak terlalu sulit, yang harus diperhatikan adalah masa waktu dan rentang penggunaan yang pas untuk dilakukan penggantian.

Berikut perawatan mudah untuk v-belt motor matik :

  • Berkendara dengan normal

Berkendara dengan normal artinya tidak memutar tuas gas terlalu dalam dan tidak mengerem secara mendadak. Gaya berkendara seperti itu dapat meringankan kinerja V-Belt, dan v-belt jadi lebih awet.

  • Mengecek kondisi V-Belt setiap ganti oli

Pengecekan yang disarankan adalah 8.000 KM sekali atau kira-kira 8 bulan sekali. Tetapi lebih baik selalu dicek saat ganti oli. Agar V-Belt juga mendapat perawatan seperti dilumasi agar tidak cepat getas.

  • Saat modifikasi

Banyak pengguna sepeda motor yang memodifikasi bagian CVT, namun tidak secara menyeluruh. Alhasil V-Belt bekerja tidak sesuai standar. Hal tersebut bisa membuat V-Belt jadi cepat rusak.

Jika V-Belt tidak mendapatkan perawatan yang baik, usia V-Belt jadi tidak lama. Dan efek terburuknya adalah bisa putus saat berkendara.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment