Pertanyaan:2011 Honda Supra X 125 PGM Fi Underbone
Mau tanya, bengkel AHASS di kota semarang yang siap service injection dimana ya?
soale udah sering service di AHASS, injection tidak pernah dipegang sama sekali. Ketika saya tanyakan ke mekanik, dijawab injection tidak ada masalah, karena indikator MIL tidak menunjukan masalah. Tetapi menurut saya injection itu kan mesin, apa mesin selama 4 tahun dipake tidak perlu dibersihkan atau tidak ada masalah?
Mohon infonya
Terima kasih

Agus
Semarang

Jawaban:
Salam kenal pak Agus, menanggapi pertanyaan bapak, seharusnya semua Ahass bisa dan mampu untuk servis motor Honda PGM Fi.

Menurut perkataan mekanik tersebut ada benarnya juga, selama MIL (Malfunction Indicator Lamp) tidak berkedip abnormal berarti kondisi sistem PGM Fi dalam kondisi baik.

Akan tetapi bila bapak rasakan ada penurunan performa pada motor, bisa di cek beberapa item berikut:

  1. Throttle body
    Cek kondisi fisik throttle body dari endapan karbon, untuk membersihkan endapan tersebut bisa menggunakan injektor cleaner.
  2. Tekanan BBM
    Pengecekan tekanan bahan bakar penting untuk motor PGM Fi karena untuk menyemprotkan bbm sesuai dengan kebutuhan mesin tekanan bbm sangat berpengaruh. (pengecekan tekanan BBM menggunakan alat Fuel Presure gauge)
  3. Sensor PGM Fi
    Teknologi supplay bahan bakar dengan PGM Fi membutuhkan beberapa sensor agar bbm yang di supplay sesuai kebutuhan mesin. Untuk mengecheck sensor- sensor tersebut bisa menggunakan alat HIDS. Untuk memastikan motor bapak dan sistem PGM Fi berfungsi dengan baik, cek sistem PGM menggunakan HIDS ini, bila ada indikasi kerusakan bisa di ketahui dan bila ada kode kerusakan yg tersimpan di ECU bisa di hapus.Pengerjaan dengan alat- alat khusus untuk servis sistem PGM Fi bisa bapak lakukan di semua Ahass yang sudah mempunyai alat tersebut pak. Silahkan bisa datang ke Ahass terdekat.

Terima kasih
Ahass Bintang Motor