Motor Goyang Saat Dikendarai? Waktunya Ganti Bearing Roda!

Motor terasa goyang saat dikendarai tidak selalunya di akibatkan oleh kondisi jalan yang licin. Ya, ada satu komponen atau sparepart yang menyebabkan hal ini terjadi secara tidak terduga pada saat kamu berkendara. Ukurannya begitu kecil, sehingga banyak yang bahkan tidak menyadari bagian tersebut ada di sepeda motor. Namun sebenarnya apa nama partnya?

Oke, pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan informasi yang sangat penting, seperti yang kalian ketahui bahwa motor goyang saat dikendarai adalah hal yang serius. Bayangkan saja, apakah tidak berbahaya jika di sekitar Anda ada truck berukuran besar, niat hati ingin menyalip namun ternyata sepeda motor justru goyang.

Ya, ini sangat berisiko menimbulkan kecelakaan, tidak hanya membahayakan diri sendiri melainkan Anda juga membahayakan nyawa orang lain. Oleh karena itu, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, mari kita cek betapa pentingnya bearing roda, dan kapan waktu urgent kamu harus menggantinya.

Apa Sih Bearing Roda Itu?

Bearing roda, adalah salah satu sparepart berukuran kecil yang letaknya ada di bagian roda motor. Tepatnya di tengah-tengah, komponen kecil inilah yang fungsinya menyetabilkan sepeda motor saat di jalan. Dilihat dari tampilan luar, bagian ini berwarna silver/perak, dengan keabu-abuan. Terlihat juga beberapa bola-bola kecil menyerupai kelereng yang mengitari lingkaran tersebut.

Apabila kondisi bearing roda masih dalam keadaan yang bagus, maka tidak akan terjadi goyang. Namun, sebaliknya, jika bearing roda bermasalah, maka tanda-tandanya sudah bisa terlihat secara langsung, sehingga seharusnya pemilik motor tidak perlu berpikir dua kali untuk membawanya ke bengkel resmi terdekat.

Tanda-Tanda Bearing Roda Bermasalah!

Ada beberapa indikator yang cukup jelas, dan bisa langsung di rasakan oleh pengendara saat bearing roda mulai bermasalah. Beberapa diantaranya bahkan sangat berbahaya bagi pengendara itu sendiri. Jangan abaikan jika kamu merasakan hal ini saat mengendarai sepeda motor.

1.Motor Terasa Oleng/Goyang

Ini tadi sudah sempat di singgung. Ketika kamu berkendara di jalan dan merasakan motor goyang meskipun tidak membelokan stang. Ya, bearing roda mempunyai fungsi untuk memastikan kondisi roda depan atu belakang tetap stabil, sudah pasti hal ini akan terjadi jika komponen tersebut sudah terlalu lama dan tidak di ganti dengan yang baru. Ini paling ramai di bahas di grup dan forum-forum, mengingat risiko yang di timbulkan cukup besar, dan masih banyak yang mengabaikan. Kami harap kalian tidak mengabaikan hal ini, karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain juga.

2.Pada Jalan Menikung Motor Terasa Kurang Nyaman

Kondisi jalan yang bervariasi seperti jalan menikung terkadang membuat pengendara perlu membelokkan sepeda motor dengan stabil. Apabila kalian merasa sepeda motor sulit berbelok sebagaimana mestinya, mungkin ada masalah pada bagian bearing roda. Masih berkaitan dengan poin pertama, ketidakstabilan roda membuat pengendara merasa was-was dan tidak aman. Sebaiknya jangan menunda-nunda untuk melakukan pengecekan.

3.Sudah Dipakai Bertahun-Tahun

Ini biasanya wajib di lakukan untuk Anda yang sudah menggunakan sepeda motor tersebut dalam jangka waktu yang sangat lama. Secara umum bearing roda memang part yang paling jarang di ganti, karena mempunyai ketahanan yang baik. Namun, hal ini bukan berarti kamu bisa menggunakan bearing roda awal tanpa melakukan penggantian.

Terdapat perbedaan pendapat untuk waktu penggantian bearing roda, ada yang bilang 3 tahun, ada juga yang mengatakan 5 tahun. Pada intinya kamu bisa langsung cek kondisi bearing roda pada bengkel yang resmi. Mereka pasti lebih tahu kapan harus mengganti bagian ini.

Kesimpulan

Oke itu dia, informasi yang bisa Kami sampaikan kepada kalian. Semoga bisa bermanfaat, jangan sampai meremehkan part yang kecil karena setelah membaca bagian di atas, kamu jadi tahu bahwa bearing roda itu sangat penting. Kerusakan bagian tersebut mempunyai dampak yang sangat fatal. Nah, yuk lebih rutin lagi cek kondisi sepeda motor kamu ke bengkel supaya lebih mengetahui kebutuhan sepeda motornya.

Apabila lokasi kamu ada di sekitar Jabodetabek, bolah mampir ke Bintang Mobile Service saja, itu merupakan layanan resmi pengecekan sepeda motor Honda yang Kami sediakan. Kalian akan mendapatkan banyak ilmu sekaligus layanan yang optimal langsung dari para mekanik motor yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Ingat, sepeda motor itu harus di rawat. Jangan sampai kejadian baru menyesal. Kamu bisa buat pengingat minimal beberapa bulan sekali untuk melakukan pengecekan performa motor, service, dan sebagainya. Di jamin deh, sepeda motor yang terawat pasti lebih awet dan pastinya bisa di andalkan.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment

    Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
    Layanan online Honda Bintang Motor
    Slow respon
    Pesan anda akan kami balas segera mungkin
    Terimakasih