Motor Honda Matic Anda Bersuara Kasar? Coba Cek Oli Transmisi

Bro-sis Honda Lovers,

Kalau ada waktu luang, coba deh sesekali pandangi jalan raya selama 15 menit aja. Jangan lama-lama ya! Nah selama 15 menit itu bisa nggak menghitung ada berapa motor honda matic yang lewat? Dijamin keburu pusing duluan nih, yang namanya motor matic sekarang laku banget nih Brosis!

Ya, saat ini memang kendaraan roda dua yang paling naik daun nih Brosis! Dalam beberapa tahun ini matic meruntuhkan dominasi motor bebek yang sebelumnya merupakan kendaraan pilihan rakyat. Ya Bro-sis bisa coba hitung sendiri deh di parkiran-parkiran.

Jadi kenapa Matic lebih dipilih karena kemudahan pengoperasiannya nih. Gak perlu repot ganti gigi. Udah itu modelnya keren-keren dan cocok buat postur orang Indonesia. Gak cuma kaum hawa aja lho yang pakai matic. Banyak juga kaum Adam yang betah menggunakan kendaraan yang satu ini. Kalau ada yang mencibir pakai matic harus pakai lipstick, coba pinjamkan Vario 125 atau BeAT deh. Dijamin bisa malu sendiri. Atau jangan-jangan besoknya malah beli.

Lalu soal perawatan motor matic, apakah bisa disamakan dengan merawat motor bebek? Kalau perawatan biasa seperti cuci motor, ganti oli, ganti busi, hingga setel klep, sebenarnya sama saja. Kan sama-sama 4 tak. Bedanya kalau sudah merawat komponen penggeraknya nih!

Kadang masih ada nih yang belum tahu kalau motor matic menggunakan dua jenis oli. Yang pertama adalah oli mesin. Yang kedua ini yang biasanya terlewat, yaitu oli transmisi. Padahal keduanya harus rutin diganti lho!

Oli Transmisi ini fungsinya untuk memperlancar kinerja transmisi otomatis. Makanya punya nama lain yaitu oli gardan. Di dalam transmisi motor matic kan penuh dengan komponen yang saling bergesekan. Kalau tidak pernah dilumasi, otomatis motor akan bersuara berisik di bagian box CVT bagian belakang. Wurrr… whurrr… whurrr… gitu. Apalagi ketika digas. Suaranya akan terdengar lebih menggangu lagi.

Nah, pastikan motor Brosis rajin diganti oli gardannya. Normalnya sih tiap 8000km. Tidak sesering oli mesin kok!

Bro-sis Honda Lovers juga tentu sudah tahu banget kalau motor Honda, otomatis olinya pakai AHM Oil! Nah gak cuma oli mesin aja nih, AHM Oil juga ada oli transmisinya lho Brosis. Udah itu Oli Transmisi AHM Oil memiliki formulasi khusus dari Honda R&D Japan dengan keunggulan memiliki tingkat gesek rendah, mampu melumasi celah tersempit pada Gear CVT, dan mampu menahan tekanan kerja & temperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan.

Yuk cek keadaan oli transmisi di motor Matic Bro-sis! Agar perpindahan gigi otomatis dapat tetap lembut dan lancar serta umur pakai unit CVT menjadi jauh lebih lama.  Jangan sampai motor matic Brosis meraung-raung ya!

Semoga bermanfaat 🙂

[Sumber: Welovehonda]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment