Motor Mati Terjang Hujan, Amankan Cop Busi

Bintangmotor– Udah masuk musim penghujan nih Brosis belakangan ini cuaca sering di guyur hujan untuk pengendara sepeda motor banyak kendala motor mati ketika sedang turun hujan lebat.

Atau melewati jalanan yang tergenang air (banjir) sebagai pengendara sepeda motor harus tanggap apabila motor kita mati karena hal tersebut.

Dikutip dari Otosia.com (09/02) Berkendara menggunakan motor sambil menerobos hujan lebat, terkadang membuat motor mendadak mati. Jika terjadi demikian, seorang rider harus tanggap dan segera mengambil solusi tercepat.

Sebenarnya masalah matinya motor saat menerjang hujan terkadang karena hal yang sepele.

Yakni gara-gara tutup busi kemasukan air, akhirnya arus listrik yang harusnya ke busi malah mengalir ke air dan terjadi konsleting.

Masuknya air ke tutup busi biasanya disebabkan karet yang melindungi celah-celah sambungan yang mampu menahan air sudah mengalami keausan.

Untuk itu silakan di cek bagian ini, dan bersihkan air yang menggenang didalamnya. Kemudian pasang seperti semula dan nyalakan mesin motor.

Jika memang yang menjadi penyebab mogoknya motor karena tutup busi, bisa dilakukan penggantian dengan part yang baru agar mogok karena hujan tidak terjadi lagi.

Meski sudah diganti baru, ada satu lagi cara agar air benar-benar tidak punya kesempatan untuk masuk ke dalam cop busi.

Caranya yakni menggunakan lakban bagian sambungan antara cop busi dan kabel, kemudian perkuat lilitan lakban tersebut dengan kabel teis.

Bagaimana cukup simpel bukan? Tips ini sangat rekomendasikan untuk motor dengan mesin tanpa penutup. Dengan begitu Brosis sudah mengetahui trik dan tips apabila motor kalian mati ketika melewati jalanan pada saat diguyur hujan lebat.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment