Bintang Motor – Salah satu perlengkapan yang mesti dibawa saat hujan bagi pengendara motor tentunya jas hujan. kalau lupa membawanya siap siap saja bakal basah kuyup. pilihlah jas hujan yang aman dan nyaman saat dipakai.

dikutip dari detikOto (10/12) Meski sudah banyak kejadian memakan korban, namun tetap saja ada pengendara yang menggunakan jas hujan model ponco. Padahal bagi para pemerhati keselamatan, model tersebut tidak disarankan.

“Kemudian gunakan jas hujan two-pieces, jangan jas hujan ponco karena bahan yang lebar melebihi tadi sudah terbukti sering terjepit atau tersangkut dengan penggerak roda seperti rantai dan jari-jari,” kata Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu saat dihubungi detikOto.

Ketika berkendara memakai jas hujan ponco, akan berkibar-kibar sehingga berpotensi sebagai sumber kecelakaan. Tak hanya itu, karena ukurannya yang lebar malah menutupi lampu penanda seperti rem dan sein bagian belakang.

Memang jika dilihat dari fungsi memang jas hujan model ponco jauh lebih banyak menampung atau jauh lebih leluasa jika pemotor membawa barang atau tas. Namun lebih baik lagi jika memperhatikan aspek keselamatan berkendara dibanding kepraktisannya.

Lebih lanjut, kata Jusri, pemilihan warna pada jas hujan pun tak luput dari perhatian. Disarankan agar pengendara memilih warna mencolok guna akan memudahkan visibilitas pengendara lain.

“Jas hujan yang direkomendasikan warnanya harus mencolok seperti putih, kuning, hijau, biru, ditambah dengan skotlight, kalau warnanya gelap seperti hitam pastikan ada scotlight,” ungkap Jusri Pulubuhu.

 

cs