Tips Kohar – Gesekan kecil Tenaga besar Part#1

Sepintas kata “gesekan” akan mengakibatkan keausan pada komponen dan menimbulkan panas yang tinggi pada mesin motor, alhasil power motor ngedrop karena tenaga terbuang jadi panas.
Benar,… prinsip dasar hasil pembakaran mesin pasti menghasilkan tenaga yang sangat besar, hanya saja tidak semua tenaga yang dihasilkan terpakai untuk menggerakan roda belakang. Berikut ilustasinya :
[5%] – Terbuang langsung menjadi panas
[5%] – Rugi gesekan mekanikal
[—25% — ] – Tenaga yang dipakai
[—–30%—–] – Panas terbuang pada system pendinginan
[ ——-35%——] – Panas terbuang di Knalpot

Dari data di atas terlihat jelas, tenaga hasil pembakaran yang terpakai hanya 25%, sisanya terbuang jadi panas dan gesekan. Sedangkan panas yang terbuang pada system pendinginan sebesar 30%. Sistem pendinginan ini termasuk radiator dan OIL.
Jadi apa yang kita lakukan untuk meningkat tenaga ?, dari hal yang paling sederhana yaitu mengurangi gesekan mesin dan menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas.

KEAUSAN

Komponen mesin yang terkena gesekan paling besar yaitu Cam Shaft (Noken As) dan Ring Piston.
Kedua komponen ini yang sangat berperan untuk menjaga performa mesin tetap bertenaga dan hemat bahan bakar.
Makanya 2 komponen ini harus dilindungi oleh pelumas yang berkualitas. Selama bertahun-tahun BRT bersama Federal Oil meneliti ketahanan mesin balap yang tangguh dan mampu melalap 50 laps non stop. Sambil mencari formula campuran additive yang tepat untuk mengurangi gesekan dan meredam temperatur mesin agar tetap dingin. Akhirnya lahirlah Federal Oil Racing 4T dan Super Matic Racing.
Saat itu, diputuskan oil SAE 10/30 SJ yang lebih encer dibanding SAE 20/50. Alasannya biar putaran mesin lebih enteng dan bertenaga, akhirnya bahan bakar menjadi irit.
Uji perfoma dilakukan pada motor Yamaha Mio, Honda BeAT, Yamaha Jupiter Z dan Supra 125.
Teori kami terbukti, uji performa oli lebih encer akan meningkat tenaga mesin hingga 0.5Hp dan mesin lebih adem 5?C. (lihat grafik dyno dibawah).

hasil dyno Tidak puas sampai disini, BRT melakukan uji gesekan pada noken as dan ring piston. Uji ini kami membandingkan dengan oil merek lain yang sangat popular dibalap dan dipasar. (bersambung) (by: Tomy Huang)

Comments

  • wij
    Juli 19, 2010 at 11:57 am

    sepertinya ini juga perlu diperhatikan..
    terima kasih atas informasinya…

  • tedted
    Juli 19, 2010 at 2:35 pm

    harus rutin ganti oli neh. biar performa motor tetap mantap

  • andrew
    September 15, 2010 at 6:03 pm

    Thank u buat infonya..

chat
Add a comment