Salah Memilih Tipe Busi Ternyata Berefek Negatif untuk Motor Lho!

Bintangmotor.com – Busi merupakan salah satu komponen penting untuk sistem pengapian sepeda motor. Fungsi busi sendiri adalah untuk memercikkan api ke ruang mesin motor, sehingga terjadinya proses pembakaran yang akan menggerakkan piston.

Untuk memilih busi motor diusahakan harus sesuai dengan tipe busi mesin motor Anda. Karena jika tidak sesuai, akan terjadi penurunan kinerja mesin motor.

Dan memilih busi juga harus ukurannya tepat. Sebab, busi dengan ulir serupa belum tentu memiliki fitur dan spesifikasi busi yang sama dengan busi yang direkomendasikan oleh pabrik.

Bila busi terlalu pendek, maka akan terjadi penumpukan karbon. Sementara jika terlalu panjang, busi akan cepat overheat dan rawan terbentur piston.

Dari pabrikan sendiri biasanya sudah memberikan informasi mengenai kode busi yang cocok digunakan. Contohnya untuk Honda ADV dan PCX, kode businya adalah MR8K-9. Dan untuk Honda CBR150R, CRF150L, Sonic 150R, dan Supra GTR 150, kode businya adalah MR9C-9N.

Supaya kinerja mesin maksimal, diperlukan komposisi bahan bakar dan udara yang ideal di dalam ruang bakar yang sehat. Serta dengan timing dan besaran percikan busi yang tepat.

Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih busi. Karena hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya penumpukan karbon, overheat, piston mentok, elektroda meleleh, ECU bermasalah, hingga terjadinya knocking.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment