Jakarta Hallo, saya memiliki motor Honda Supra Fit tahun 2005. Beberapa waktu lalu hingga sekarang selang pembuangan karburator menetes bensin. Lebih banyak keluar ketika motor digoyang-goyang.

Kemudian setang motor terasa goyang saat berkendara kencang. Padahal saya baru setel lingkar dan ganti lahar.

Tolong solusinya.
Terima kasih
Hizkia Bangun

Jawaban:

Hallo Hizkia salam.
Langsung saja menjawab pertanyaan Anda ya…

1. Apabila selang pembuangan ada bensin yang menetes ini berarti kinerja jarum pelampung sudah tidak normal. Hal ini karena ujung jarum pelampung sudah tidak bisa menutup rapat pada dudukannya sehingga masih ada celah untuk bensin mengalir ke luar. Untuk mengatasi hal ini ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu mengganti jarum pelampung dengan yang baru dan membersihkan bagian dalam dudukan jarum pelampung dengan menggunakan obeng (+) plus ukuran paling kecil seperti melakukan skir. Cara kedua dengan menambahkan pelat atau amplas untuk mengganjal dudukan jarum pelampung agar pada saat jarum pelampung dipasang bisa lebih rapat terhadap dudukannya. Semoga dengan cara tersebut bisa di jadikan solusi masalah anda ini.

2. Untuk masalah setang terasa goyang ada beberapa hal yang harus dicek seperti kondisi pelek roda mungkin oleng, kombstir terlalu kencang, pelor kombstir ada yang pecah atau aus, dudukan komstir aus, kembang ban sudah tidak rata. Silakan dicek pada komponen-komponen tersebut.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat, terimakasih

Salam
Andriyanto-Bintang Motor

(source : detik oto )