Teknologi Canggih Seperti Apa yang di Hadirkan Honda Forza 250 ?

0
395
views

Bintang Motor – Honda baru saja merilis skutik bongsor Honda Forza dengan mesin 250cc.Honda memang belum secara resmi mengumumkan berapa harga pasti Honda Forza namun Honda menyebut motor itu dijual dengan kisaran harga Rp 70 jutaan.

Dikutip dari DetikOto (05/08) Forza mengusung mesin berperforma tinggi di kelasnya 250cc SOHC liquid cooled PGM FI dengan tenaga maksimum 17,3 kW/7500 rpm.

Sementara itu, pada bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.

Honda Forza 250 Foto : Bintang Motor

 

Motor punya teknologi yang tidak ada di produk motor matik Honda lainnya, yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Dari semua motor matik Honda dikatakan Technical Service Divison AHM, Endro Sutarno, baru Honda Forza yang mengusung teknologi HSTC. Teknologi tersebut diklaim punya beberapa keunggulan.

Honda Forza 250 Foto : Bintang Motor

 

“Ini umumnya digunakan di model sport, tujuannya untuk mengendalikan engine tourqe untuk menjaga stabilitas kendaraan saat throttle dibuka dengan cepat, atau saat motor digunakan di jalan licin kondisi hujan,” ujarnya kepada wartawan, di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, Tangerang.

Cara kerjanya sendiri adalah dengan mendeteksi kecepatan roda belakang selama akselerasi, sistem akan membatasi jumlah torsi yang diterapkan ke roda belakang.

Lalu engine control module (ECM) secara terus menerus mendeteksi variasi kecepatan antara roda depan dan belakang.

Dengan begitu, kata Endro, sistem tersebut dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

Di Honda Forza, Honda menyematkan teknologi Smart Key seperti di Honda PCX. Meski sama-sama smart key, ada perbedaannya.

Honda Forza 250 Foto : Bintang Motor

 

Perbedaan tersebut pada saat pemilik kendaraan kehilangan remote-nya ketika kondisi motor mati. Dijelaskan Technical Service Divison AHM, Endro Sutarno, jika pada Honda PCX ketika remote hilang indikator dari smart key maka pada bagian lampu sein akan berkedip selama 20 detik.

Sedangkan untuk smart key pada Honda Forza tetap 20 detik namun dicicil. “Untuk Forza bedanya saat kunci kontak dimatikan kemudian kedip 3 detik, lampu seinnya 3 detik kemudian mati 14 detik nyala lagi 3 detik, nah genap 20 detik, bedanya di sini,” tutur Endro

Honda Forza 250 Foto : Bintang Motor

 

Kenyamanan berkendara Honda Forza hadir dengan ban tubeless.

Ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*