Tips Aki Motor tetap Awet

Bintangmotor.com – Aki merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Selain agar starter motor dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, lampu utama, lampu sign, klakson, dan lainnya.

Agar bisa awet dan bertahan lama perlu mensiasatinya. Cara mudahnya dengan menggunakan kick starter ketika baru menyalakan atau hendak memanaskan mesin motor pertama kali saat hendak beraktivitas.

Panaskan motor selama 2 menit sehari atau sambil jalan santai selama 20 – 30 menit tiap 2 hari sekali agar battery dapat terisi kembali.

Battery akan terisi optimum jika motor digunakan pada 5000 RPM, maka variasikan pemanasan sepeda motor Honda dengan membuka throttle sampai RPM 5000.

Namun, harus dipastikan dulu sistem kelistrikan berjalan normal. Seperti kiprok yang masih berfungsi dengan baik untuk melakukan charge ke aki.

Disisi lain dari penggunaan aki, kualitas aki itu sendiri juga berpengaruh. Jangan gunakan sembarang merek aki, gunakan aki standart pabrikan yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment