Tips Aman Berkendara di Kondisi Jalan yang Licin

[vc_row][vc_column][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]

Bintang Motor Hujan yang mengguyur membuat jalan licin dan basah. Maka itu pemotor harus makin waspada saat berkendara di kondisi jalan yang licin. Dilansir dari www.astra-honda.com, ada beberapa tips aman berkendara motor di jalan yang licin.

dikutip dari detikOto (24/01) Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga jarak dengan pengendara di depan. Sebab pada kondisi jalan yang licin, untuk menghentikan laju kendaraan perlu jarak aman yang cukup.

Tips kedua, yakni menyalakan lampu utama. Lampu utama perlu dinyalakan untuk menambah jarak pandang, sekaligus untuk membantu pengendara lain melihat posisi kita.

Ketiga, pastikan keadaan aman saat ingin menyalip kendaraan di depan. Usahakan kondisi jalan dari arah berlawanan benar-benar kosong, sehingga motor bisa menyalip dengan aman.

Keempat, hindari berbelok dengan posisi terlalu patah. Berbelok terlalu miring apalagi dengan kecepatan tinggi akan membuat ban motor kehilangan daya grip atau cengkeraman ke permukaan aspal.

Kelima, kurangi kecepatan motor saat melewati jalan yang becek, berpasir, dan berkerikil. Selain itu, perhatikan juga kondisi jalan saat ingin menerjang genangan air. Sebab bisa jadi di genangan air tersebut ada lubang yang besar.

Keenam, hindari penggunaan helm dengan kaca visor terlalu gelap, karena itu akan membuat jarak pandang terbatas.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment