Tips Merawat Ban Agar Tidak Cepat Gundul

Bintangmotor.com – Ban merupakan komponen yang penting dari sepeda motor karena berfungsi sebagai menyerap guncangan dari permukaan jalan agar motor menjadi tetap nyaman dikendarai.

Oleh karena itu, komponen ban sangat perlu dilakukan perawatan rutin dan harus tepat dalam pemilihan ukuran ban yang baik dan benar.

Tipe ban sepada motor terbagi menjadi dua jenis, yaitu tubeless dan tube tire (ban biasa).

Agar ban sepeda motor tidak cepat botak dan rusak, Anda perlu memperhatikan beberapa poin yaitu sebagai berikut :

  1. Pastikan ukuran ban yang digunakan sudah sesuai dengan tipe motor yang kita pakai, dan pada saat pemasangan ban arah rotasi daripada ban tidak terbalik.
  2. Lakukan pengecekan tekanan angin pada ban ketika ingin melakukan perjalanan karena hal ini sangat penting. Karena tekanan angin yang berlebihan ataupun angin yang kurang dapat menyebabkan sepeda motor tidak stabil saat dikendarai dan ban akan cepat rusak.
  3. Ban sepeda motor terbuat dari bahan karet yang elastis. Sebaiknya, jika usia sudah mencapai 4 tahun atau pemakaian sudah diatas 40.000 km harus segera ganti ban dengan yang baru.
  4. Hindari penggunaan cairan pengkilap ban secara berlebihan dan mencuci saat ban dalam keadaan kotor.
    Untuk Anda yang ingin mengganti atau mengecek kondisi ban motor kesayangan, bisa langsung datang ke bengkel resmi kami AHASS Bintang Motor.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    UPDATE : JAM OPERASIONAL KAMI SAAT INI : 08:00 s/d 15:00
    +