Tips Merawat Motor Agar Tak Cepat Overheat

Bintangmotor.com – Panas berlebih yang dihasilkan oleh mesin motor menyebabkan kinerja motor menjadi tidak optimal.

Salah satu ciri motor mengalami overheat adalah tiba-tiba tak bertenaga padahal kondisi mesin menyala.

Tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin, secara teknis disebabkan sirkulasi oli mesin yang terhambat, serta hilangnya pendingin pada kinerja mesin.

Berikut cara merawat motor agar tidak cepat overheat :

  • Rutin Mengganti Oli

Oli memiliki peran penting pada mesin motor. Selain sebagai pelumas untuk meminimalisir gaya gesekan antar komponen yang berpotensi menyebabkan kerusakan, komponen ini juga mengontrol suhu ruang mesin.

  • Pastikan Menggunakan Oli Berkualitas

Dalam buku petunjuk, terdapat jenis dan tipe oli yang dianjurkan untuk mesin motor. Oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin akan membantu mesin bekerja maksimal.

  • Setel Kerapatan Piston

Posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat akan membuat seher dan piston tidak bisa bergerak leluasa dan menghambat saluran pelumasan oli. Hal ini dipastikan mampu membuat mesin menjadi cepat panas dan menyebabkan piston merusak blok mesin.

  • Periksa Kinerja Pendingin

Komponen ini berfungsi mengalirkan udara melewati sirip-sirip radiator dan mendinginkan suhu air radiator atau water coolant. Kipas radiator akan berputar sesuai instruksi atau sensor yang mengabarkan kondisi mesin.

  • Memastikan Cairan Pendingin Cukup

Cairan pendingin atau yang lebih dikenal water coolant memiliki fungsi untuk didistribusikan pendingin mesin motor ketika digunakan. Mengecek water coolant sangat disarankan, terlebih saat motor sudah melakukan perjalanan jauh.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment