Tips Packing Untuk Mudik Lebaran Agar Mudik Aman dan Nyaman

Bintangmotor – Mudik ke kampung halaman adalah tradisi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kalau persiapan motor dan fisik pengendara sudah oke, tinggal atur strategi mengemas barang yang akan di bawa mudik pakai motor.

Ini penting lantaran mudik dengan motor tempat untuk bawa barang sangat terbatas. Banyak barang yang ingin dibawa ke kampung halaman. Untuk itu Anda harus tahu tips untuk packingnya.

Sebaiknya satu hari sebelum melakukan perjalanan sudah dipersiapkan barang apa saja yang akan dibawa saat berkendara. Agar barang bawaan mudik tidak menjadi kendala saat perjalanan harus bikin skala prioritas. Seperti berikut :

  • JASA PAKET KILAT

Biasanya bawa pakaian yang akan dipakai di kampung halaman bikin bawaan di motor jadi segunung. Ini yang bikin handling pengendara jadi terbatas lantaran beban overload. Padahal barang macam pakaian bisa disiasati dengan manfaatkan jasa paket kilat.

Jasa paket kilat seperti Kantor Pos, Tiki, JNE, dan lainnya. Bisa memaketkan barang seperti bawaan koper berisi baju ganti untuk lebaran di kampung halaman, atau oleh-oleh yang dibawa. Dengan memaketkan barang bawaan tentu saja perjalanan mudik naik motor akan menjadi jauh lebih aman.

  • MENATA BARANG BAWAAN

Saat packing barang sebaiknya tidak melebihi lebar setang dan panjang kendaraan. Untuk bobot juga tidak boleh melebihi ketentuan pabrikan yaitu ± 180 kg untuk bobot barang berat letakan dibawah. Motor tipe skutik dan bebek bisa memanfaatkan ruang di depan jok (dek) atau diikat di atas jok belakang. Motor sport paling bijak manfaatkan pemasangan bagasi ekstra.

Pada saat mengemas pakaian bisa dimasukkan dalam tas dengan cara digulung bukan dilipat. Dengan digulung pakaian bisa memenuhi seluruh ruangan bagian dalam tas atau box motor.

  • TINGGALKAN PASAK KAYU, PASANG BAGASI

Kebiasaan lama pemudik bermotor adalah pasang dua kayu sebagai pasak buat bawa barang sebaiknya ditinggalkan. Apalagi bila ditambah dengan pembonceng. Cara ini membuat bawaan motor tidak terkontrol dan cenderung barang bawaan overload.

Supaya aman sebaiknya pasang bagasi ekstra. Pilih Pannier (box samping) atau Top Box (box belakang) boks dengan ukuran yang proporsional dengan motor. Pilih memakai Pannier atau Top Box.

  • BAWALAH TAS KECIL UNTUK PERLENGKAPAN PRIBADI

Untuk berbagai perlengkapan pribadi, bawalah tas kecil agar lebih praktis karena tas kecil dapat di kenakan di tubuh untuk membawa barang-barang penting seperti uang, kartu atm, maupun telepon selular. Ini juga menghindari dari berbagai barang tambahan yang hilang.

  • PLASTIK UNTUK PAKAIAN KOTOR

Perubahan cuaca bisa terjadi dalam perjalanan dan pakaian bisa kotor selama perjalanan penting untuk menyiapkan beberapa plastik yang akan digunakan untuk menaruh pakaian kotor, agar tidak tercampur dengan pakaian bersih Anda.

Link Terkait :

https://read.federaloil.co.id/read/59171/20130804/Ingin-Mudik-Aman-dan-Nyaman-Cermati-Barang-Bawaan

https://otomotif.grid.id/Motor/Umum/Tips-Packing-Sebelum-Turing

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment