6 Tips Pulang Kampung Pakai Motor

Bintangmotor.com – Mudik memang sudah jadi tradisi bagi kita masyarakat Indonesia,banyak orang yang merantau untuk mengadu nasib di kota orang dan setiap setahun sekali saat lebaran dan libur Panjang dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halamannya bertemu dengan orang tua dan merayakan Idul Fitri bersama.

Ada banyak opsi yang di tempuh para pemudik untuk bisa Kembali pulang ke kampung halamannya, ada yang menggunakan bis, kendaraan pribadi, kereta, pesawat bahkan ada yang menggunakan motor. Sobi pasti sudah sering melihat atau membaca tips berkendara aman saat mudik, tapi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena kita sedang di masa Pandemi Covid-19 maka ada tips ekstra nih buat sobi yang mau pulang ke kampung halamannya. Yuk simak tips mudik aman naik motor di masa pandemic.

1. Pastikan Motor Dalam Keadaan Prima

Motor yang sobi gunakan haruslah di cek dulu kondisinya karena sobi akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu tempuh yang cukup lama maka dari itu pengecekan kondisi motor sangatlah penting. Disarankan untuk service terlebih dahulu di bengkel resmi AHASS Bintang motor untuk memastikan motor dalam kondisi prima.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Kondisi Tubuh sobi juga harus diperhatikan apalagi untuk sobi yang merencanakan berangkat mudik malam hari, pastikan tubuh mendapat cukup istirahat, tidak dalam keadaan sakit, tidak dalam pengaruh obat-obatan atau alcohol dan meminum vitamin penambah daya tahan tubuh.

3. Tidur yang Cukup

Jika mengantuk di perjalanan maka berhenti dahulu kemudian tidur, hindari berkendara saat mengantuk. Selain itu, kurang tidur juga rawan menyebabkan microsleep. Ini merupakan kondisi di mana pengendara tertidur sejenak di atas kendaraan. Tentu hal ini sangatlah berbahaya karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Jangan minum kopi atau minum minuman berenergi secara berlebihan, ingat obat mengantuk hanyalah tidur, Jadi pastikan tidur anda cukup

4. Jangan Membawa Barang Yang Terlalu Banyak

Berkendara menggunakan sepeda motor tentunya memiliki berbagai keterbatasan, salah satunya adalah keterbatasan muatan yang bisa di angkut. Bawalah barang-barang yang penting saja ketika mudik menggunakan kendaraan bermotor. Sepeda motor juga hanya bisa mengangkut maksimal 2 orang saja, jadi untuk anda yang sudah berkeluarga dan membawa anak saat mudik, jangan paksakan menggunakan motor karena beban yang berlebih bisa membahayakan.

5. Patuhi Protokol Kesehatan

Selalu jaga diri anda dengan menerapkan protokol Kesehatan, bawalah masker dengan jumlah yang cukup banyak agar sobi bisa mengganti masker setiap 4 jam sekali. Bawalah handsanitizer dan gunakan ketika anda istirahat, mengisi bensi, atau berbelanja di supermarket, lengkapi diri dengan hasil tes SWAB yang menyatakan anda dan penumpang bebas COVID-19, kita tentunya tidak mau keluarga kita di kampung terpapar virus COVID-19

6. Berdoa

Ingatlah selalu untuk berdoa meminta keselamatan kepada yang maha kuasa, baik itu sebelum atau selama perjalanan agar selamat sampai tujuan. Bagi umat muslim ingatlah untuk selalu menjalankan ibadah shalat 5 waktu, tidak perlu di jamak/ di qashar kalau bisa karena selama perjalanan ada banyak masjid yang tersedia.

Sumber: https://travel.kompas.com/read/2019/05/29/201000827/7-tips-mudik-jarak-jauh-naik-motor-agar-selamat-sampai-tujuan?page=all

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment