Bintangmotor – Faktor ngantuk ketika berkendara berkontribusi besar di dalam beberapa kecelakaan. Brosis yang sering riding jauh harus waspada dengan ngantuk dan harus tahu cara mengatasinya. Kondisi ngantuk terjadi bukan hanya disebabkan kurang tidur.

Dikutip dari Motorplus.grid.id (30/05) “Kekurangan cairan di dalam tubuh juga bisa bikin ngantuk. Kalau ngantuk konsentrasi banyak terganggu. Makanya bisa menyebabkan banyak kecelakaan. Saya selalu siapkan air putih selama berkendara jika tidak berpuasa. Kalau ngantuk tinggal banyak minum air putih supaya seger dan konsentrasi lagi,” ucap Rifat Sungkar, atlet Rally mobil yang memberi pelajaran dasar safety riding ke pengemudi Go-Jek.

Lalu, trik apa lagi yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa ngantuk ketika riding? Nih 8 cata yang Em Plus kumpulkan dari teman-teman bikers untuk mengatasi ngantuk saat riding.

1. BERDZIKIR

Di bulan Puasa ini bagus banget saat mulai ngantuk jangan lupa berdzikir. Berdzikir arti kata lain mengingat-ingat baca Al Quran yang kita hafal. Cara ini merangsang kerja otak.

2. BERNYANYI.

Bernyanyi seperti berdizkir bisa mengurangi atau menghilangkan rasa ngantuk ketika riding. Sebab, menyanyi bisa memicu kerja otak untuk menggali ingatan kita.

Peturing kelas dunia seperti Jeffrey Polnaja atau Kang JJ sering menggunakan trik ini ketika riding keliling dunia seorang diri.

3. MENARIK NAFAS.

Menurut penelitian, orang yang menguap itu disebabkan kurangnya kadar oksigen di dalam otak. Menarik nafas dan menahannya dalam-dalam selama beberapa kali juga diklaim ampuh menghilangkan rasa ngantuk.

4. MENGOBROL.

Jika kebetulan sobat riding berboncengan, mengobrol dengan teman juga bisa mengurangi rasa ngantuk. Sama seperti bernyanyi, interaksi yang dilakukan lewat cara komunikasi juga membantu otak untuk bekerja lebih keras. Tapi, awas jangan keasikan ngobrol juga karena bisa mengurangi kewaspadaan.

5. OLAHRAGA.

Berhenti sejenak untuk melakukan olahraga juga ampuh menghilangkan ngantuk. Enggak perlu lari ataupun angkat beban, olahraga ringan dengan menggerakkan area sendi juga sudah membantu menghilangkan ngantuk.

6. JALUR BEDA.

Memilih jalan yang berbeda dari jalan yang biasa dilewati juga bisa mengurangi rasa ngantuk. Bikers cenderung lebih waspada ketika melewati jalan yang baru dilewati ketimbang jalan yang sering dilewati.

7. WUDHU ATAU CUCI MUKA.

Mungkin trik ini yang paling sering dilakukan bikers. Mencuci muka dengan air dingin dianggap ampuh mengurangi ngantuk. Sekalian bro wudhu karena bagian yang terkena air wudhu bagian yang mewakili semua syaraf perangsa di tubuh.Selain menghilangkan ngantuk, cuci muka juga bikin ente tetap keren ketika riding.

8. MEMBUKA HELM.

Eits.. Bukan berarti riding tanpa helm. Tapi, sobat menepi sejenak untuk membuka helm. Dengan membuka helm sirkulasi darah dan udara di kepala bisa lebih lancar. Dengan begitu rasa ngantuk bisa berkurang sekejap.