Mau Kirim Motor untuk Lebaran Lewat Jasa Ekspedisi ? Mau Tau Berapa Ongkos Kirim dan Syaratnya?

0
709
views

Bintangmotor- Jelang Hari Raya Idul Fitri,  masyarakat Indonesia disibukkan dengan persiapan musim mudik. Misal memilih moda transportasi baik perjalanan darat, laut, hingga udara.

Dikutip dari Liputan6.com (25/05) Bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman, pada dasarnya tak perlu lelah mengendarai sepeda motor.

Sebab selain tidak dianjurkan oleh pemerintah, perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor memiliki risiko yang cukup tinggi.

Kemenhub mengadakan pengangkutan motor gratis (motis) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id dilaksanakan sejak 15 Februari 2017 hingga 14 Juni 2017.

Namun bisa juga kita melakukannya sendiri melalui jasa layanan ekspedisi. Misal melalui PT Lintas Nusantara Perdana merupakan perusahaan ekspedisi muatan kereta api ekspres. Lantas apa syarat yang harus dilakukan untuk melakukan pengiriman sepeda motor?

Menurut pegawai PT Lintas Nusantara Perdana, Toto Aryanto, prosedur untuk  mengirim sepeda motor paling terpenting dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) fotokopi BPKB/Surat Jalan dari dealer dan No. Telp.

Ongkos pengiriman sepeda motor berbeda-beda. Selain kota yang dituju, perbedaan harga juga dilihat dari jenis dan dimensi sepeda motor. Selain itu, kapasitas mesin juga mempengaruhi.

“Kalau bebek dan matik itu harganya sama. Tapi kalau sudah skuter kaya Vespa, Honda PCX dan jenis sport, itu pasti beda-beda,” jelas Toto

Untuk motor bebek atau matik, harga jasa pengiriman antara lain Rp 350 ribu untuk Jawa Tengah, Rp 450 ribu ke wilayah Jawa Timur, Rp 750 ribu dengan tujuan Bali.

Sedangkan untuk jenis skuter Vespa dan Honda PCX, rata-rata dibanderol Rp 450 ribu wilayah Jawa Tengah, Rp 550 ribu Jawa Timur, dan Rp 850 ribu tujuan Bali.

Sementata untuk jenis sepeda motor sport 250 cc tarif yang dipatok untuk wilayah Jawa Tengah Rp 650 ribu, Jawa Timur Rp 800 ribu, sedangkan Bali mencapai Rp 1,3 juta.

Kalau sepeda motor sport dengan cc di atas 250 cc, atau jenis motor gede, harganya bisa mulai Rp 1,3 juta sampai Rp 4 jutaan, tergantung jarak.

link terkait http://otomotif.liputan6.com/read/2963670/berapa-ongkos-kirim-sepeda-motor-ke-kampung-halaman

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*