Apakah Menyalakan Lampu Motor Pada Siang Hari Membuat Aki Tekor?

Bintangmotor.com – Masih ada beberapa orang yang beranggapan bahwa menyalakan lampu motor pada siang hari akan mempengaruhi sistem kelistrikan motor.

Baterai atau aki disebut akan cepat tekor jika lampu motor terus-menerus dinyalakan siang malam. Lampu motor yang dinyalakan siang hari tidak akan mempengaruhi ketahanan aki kering ataupun basah, bahkan termasuk lampunya itu sendiri.

Selama pengisian dari spull bagus dan normal dipastikan aki aman. Fungsi aki adalah sebagai media penyimpan arus satu arah. Arus pengisiannya didapatkan dari spull atau generator. Pada aki terdapat pola kerja seperti charge yang berarti isi dan discharge yang berarti melepaskan.

Jadi ketika lampu motor dinyalakan dalam kondisi mesin hidup, maka akan ada pengisian kembali arus listrik di aki oleh generator. Sementara aki akan menyuplai arus untuk sistem kelistrikan seperti lampu dan lainnya.

Dengan menyalakan lampu motor terus-terusan pada siang hari tidak akan membuatnya cepat rusak. Lampu motor mati itu terjadi apabila dalam menghidupkan atau start mesin, langsung ke rpm atau idle yang tinggi. Itu dapat mengakibatkan bohlam lampu putus.

Kecuali pada motor tersebut sudah dilengkapi delay yang berfungsi untuk menyalakan lampu pada saat posisi idle atau rpm sudah normal, baru lampu akan menyala.

Saat ini sudah banyak motor yang dilengkapi fitur Auto Headlight On (AHO) yang membuat lampu motor nyala seketika kala kunci kontak diputar ke posisi on.

Menyalakan lampu saat berkendara baik siang ataupun malam sudah menjadi kewajiban, karena tertera dalam UU lalu lintas.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment