Bahaya Baut Pulley Kendor, Bagian CVT Bisa Bubar

Bintangmotor.com – Mur atau baut pulley pada motor matik perlu dijaga kekencangannya agar tidak terlepas. Karena jika mur pulley ini lepas saat kondisi motor jalan bisa menimbulkan bahaya.

Biasanya gejala yang muncul saat mur pulley depan copot adalah ketika buka gas tapi motor diam, atau tidak jalan sama sekali. Dan juga ada yang merasakan adanya suara berisik di area CVT saat buka gas.

Bila terjadi hal demikian, lebih baik untuk segera mematikan mesin dan segera untuk membawa ke bengkel resmi AHASS terdekat.

Jika dibiarkan maka kipas pulley bagian depan bisa hancur. Karena pergerakannya menjadi liar dan bisa menghajar cover CVT dan hancur di dalam.

Yang paling parah adalah bisa merusak kruk as kalau memang dipaksakan terus, dan kruk as menjadi wajib diganti dan harganya pasti mahal.

Sebenarnya kerusakan atau tidak kencangnya mur depan pulley ini diakibatkan oleh masalah yang sepele. Biasanya karena mengencangkan dengan kunci torsi yang tidak pas, sehingga baut menjadi selek dan rawan lepas ketika dipakai.

Oleh karena itu, melakukan pengencangan mur pulley harus dengan cara dan teknik yang tepat.

Karena posisinya yang tertutup cover CVT, membuat baut ini jarang dan sulit diperhatikan jika kendur atau mengalami masalah.

Sebaiknya saat membongkar dan ingin memasang kembali lakukan pengecekan ganda untuk setiap bagiannya.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment