Cara Mencuci Ban Motor yang Benar Agar Lebih Awet

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Mencuci ban motor adalah kegiatan rutin bagi setiap pemiliki sepeda motor. Namun perlu diketahui, tidak semua komponen dapat diperlakukan dengan sama saat mencuci motor.

Ban adalah salah satu komponen motor yang langsung bersentuhan dengan jalanan. Oleh karena itu butuh perhatian yang khusus, terlebih saat mencuci motor. Mencuci ban tidak boleh sembarangan.

Permukaan ban tidak boleh diberi sabun saat mencuci, karena sabun yang mengenai permukaan ban akan membuat ban semakin kaku dank eras. Yang tentunya akan berakibat daya cengkram ban terhadap jalan berkurang. Sehingga ban akan lebih mudah slip atau tergelincir.

Selain itu, ban yang keras juga akan mudah tergerus oleh aspal. Sehingga usia ban otomatis akan berkurang.

Cara menyuci ban motor dengan benar

  1. Menggunakan air

Untuk membersihkan kotoran yang menempel pada ban anda hanya membutuhkan air bersih saja. Akan lebih maksimal bila menggunakan selang yang dapat mengatur tekanan dan daya semprot air, sehingga kotoran yang berada di sela-sela ban ikut hanyut.

Setelah selesai dicuci, anda hanya perlu mengelap dengan lap bersih dan tidak disarankan ban ditaruh di bawah sinar matahari. Karena akan mengakibatkan ban motor menjadi keras

  1. Menyikat hingga bersih

Selain menyiram dengan air, menggunakan sikat juga bisa jadi pilihan lainnya.  Menyikat ban motor boleh, tapi harus ingat tidak boleh mengguanakan air sabun. Cukup menggunakan air bersih saja.

  1. Silicon murni

Agar membuat tampilan ban motor menjadi hitam dan mengkilat, bisa menggunakan silicon murni. Pada dasarnya semir ban itu bahan utamanya silicon murni, karena harga silicon yang mahal maka dicampur denganbahan lain sehingga menghasilkan semir ban. Seilikon murni bisa didapat di toko perlengkapan bahan kimia.

Menggunakan silicon tidak hanya membuat ban anda berwana hitam saja, namun silicon mampu memberikan kelembaban yang pas pada pan motor. Sehingga ban motor dapat berfungsi dengan baik.

Jika anda melakukan cara seperti diatas, pasti ban motor anda akan bersih, hitam, bagus dan terawat.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment