Penyebab Knalpot Motor yang Sering “Nembak”

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Knalpot motor memiliki fungsi untuk membuang gas emisi hasil pembakaran mesin. Selain itu, knalpot juga bertugas meredam suara bising yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin.

Permasalahan yang sering dialami oleh knalpt adalah munculnya suara seperti tembakan saat melepas gas.

Lalu apa saja penyebab timbulnya suara seperti tembakan pada knalpot?

  1. Lupa menutup choke

Menutup choke berfungsi supaya bensin yang mengalir sesuai proporsi yang dibutuhkan oleh ruang bakar. Ketika ruang bkaar kebanjiran bahan bakar, maka bisa saja terjadi timbulnya suara seperti tembakan dari knalpot.

  1. Masalah pada busi

Busi adalah salah satu komponen penting untuk menuyulut api di ruang bakar. Kualitas energy yang dihasilkan ruang bakar tergantung dengan kualitas busi. Jika busi bermasalah otomatis percikan api yang dihasilkan tidak maksimal, hingga terjadi pembakaran yang kurang sempurna.

Hal seperti itu memicu suara ledakan pada knalpot.

  1. Saluran udara ke mesin

Api merupakan mediator, dan udara memiliki peran penting pada saat pembakaran. Karburator memiliki sistem yang akurat untuk mengatur porsi udara dan bahan bakar pada motor anda. Namun, terkadang ada saja masalah yang membuat udara tidak tersuplai denganbaik ke ruang bakar.

Hal tersebut dapat terdeteksi dari ledakan knalpot pada RPM rendah pasca digunakan secara tinggi. Jika terjadi bunyi ledakan, itu tandanya kurangnya udara di ruang bakar. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan part-part pada karburator dan sekitarnya secara berkala.

  1. Komponen karburator sudah waktunya ganti

Karburator jenis vakum mempunyai sistem aliran bahan bakar yang sangat bagus, oleh karenya banyak digunakan oleh motor non injeksi. Aliran bahan bakar di karburator ini sangat bergantung pada kemampuan buka tutup klep yang berbahan dasar karet. Karena berbahan dasar karet, lama-lama komponen ini akan mengeras ketika bersentuhan dengan bahan bakar. Jika sudah keras, lama kelamaan komponen ini akan aus.

Hal tersebut yang membuat kanlpot menembak saat tuas gas di balik ke posisi awal.

  1. Knalpot bocor

Knalpot yang bocor pasti akan menimbulkan suara berisik. Karena pada dasarnya proses pembakaran itu berisik dan knalpot yang mereduksi suaranya. Biasanya suara ledakan karena knalpot bocor terjadi saat tuas gas ditarik kencang.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment