Cara Mengatasi Knalpot Bocor

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Knalpot merupakan komponen yang digunakan sebagai pembuangan gas. Pemakaian yang lama pada motor dapat menyebabkan knalpot menjadi keropos, penyok, gepeng dan lain sebagainya. Kondisi tersebut merupakan penyebab dari knalpot bocor.

Akibatnya aliran gas pembuangan tidak dapat berjalan dengan sempurna. Terkadang kondisi knalpot yang bocor menimbulkan bunyi yang berisik dan polusi dari gas buangan. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan dengan mudah tanpa harus membawa motor anda ke bengkel.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi knalpot bocor :

1. Direkatkan dengan lem besi

Lem besi dapat digunakan untuk menambal bagian knalpot yang bocor. Lem besi juga mudah ditemui, anda bisa membelinya di toko bangunan terdekat.

Tahap pertama adalah memastikan permukaan knalpot telah bersih dari kotoran kemudian dilap kering. Selanjutnya adalah mencampurkan lem hitam dan lem putih, kemudian oleskan ke permukaan knalpot yang bocor. Lalu ratakan lem, tunggu hingga mongering.

2. Melekatkan dengan aluminium foil

Aluminium merupakan bahan yang tahan panas dan dapat digunakan untuk menambal knalpot yang bocor. Pastikan permukaan knalpot telah bersih dan kering.

Kemudian lipat dan pilin aluminium foil hingga berbentuk seperti tali. Aluminium yang sudah berbentuk tali tersebut kemudian dibentuk menjadi lingkaran. Pasang dengan rapi diantara pipa knalpot dan bagian paking.

3. Ditambal dengan seal tape aluminium

Biasanya seal tape aluminium digunakan untuk menambal panci dan wajan. Namun bisa juga untuk menambal knalpot karena tahan dengan panas. Caranya pastikan permukaan knalpot dan kering. Lepaskan kertas penutup rekatan di belakang seal tape aluminium.

Lalu, tempelkan seal tape pada bagian knalpot yang bocor. Nyalakan motor agar seal tape aluminium terkena panas dan akhirnya dapat merekan permanen. Sebetulnya terdapat bahan khusus yang dibuat untuk menambal knalpot yang bocor yaitu aluminium muffler tape.

4. Ditambal menggunakan plastic steel

Plastik steel dapat dimanfaatkan untuk menambal kebocoran knalpot. Dengan cukup aplikasikan plastik steel pada bagian permukaan knalpot yang bocor dengan rapi.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment