Ciri-ciri Kampas Rem Harus Segera Diganti

Bintangmotor.com – Untuk berhenti atau mengurangi laju kecepatan pada motor yakni dengan melakukan pengereman.

Pada motor matic hanya mengandalkan pengereman, berbeda dengan motor transmisi manual yang bisa dibantu dengan engine brake.

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem belakang motor matik tipe teromol ?

Karena hal tersebut, kondisi sistem pengereman di motor matic harus selalu diperhatikan agar tetap aman dan selamat dalam perjalanan.

Untuk rem tromol caranya, tinggal lihat bagian indikator keausan pada kampas rem berupa segitiga yang terletak di bagian samping kiri belakang di antara area transmisi CVT dan roda di motor.

Yang harus dilakukan pertama dengan menekan tuas rem, kalau indikator keausan sudah berada di bawah segitiga atau tanda panah maka sebaiknya segera diganti baru.

Meski laju motor masih bisa dihentikan ketika tanda tersebut terbaca, kondisi kampas rem tromol dipastikan sudah dalam kondisi tipis.

Jika rem tromol sudah tipis dan tidak segera diganti, maka dampak negatifnya pun bukan hanya risiko motor tidak bisa berhenti saat melaju.

Selain itu, akibat tidak di ganti kampas rem akan muncul juga bunyi decit dan paling parah juga dapat merusak rumah tromol di roda belakang.

Jika sampai rusak, maka pelek pun perlu diganti baru pada motor dengan pelek racing atau ganti tromol set pada pelek jari-jari.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    UPDATE : JAM OPERASIONAL KAMI SAAT INI : 08:00 s/d 15:00
    +