Tips Mengendarai Motor Off-road Untuk Pemula

Bintangmotor.com – Selain motor matik dan bebek, motor jenis off-road ini menjadi salah satu motor kecintaan masyarakat Indonesia. Khusunya yang suka menjelajah medan-medan ekstrem.

Karena motor ini diciptakan untuk melintasi medan yang ekstrem, maka ada beberapa hal khusus yang harus diperhatikan oleh para pemula.

Berikut tips mengendarai motor off-road untuk pemula :

  • Jangan berkendara sambil berdiri

Berkendara menggunakan motor off-road sambil berdiri di foot step memang terkesan keren. Namun hal tersebut sangat tidak disarankan untuk pemula.

Karena beban hanya bertumpu pada 2 titik bawah saja dan bisa menyebabkan kehilangan keseimbangan.

  • Menguasai akselerasi, kopling dan rem

Ketika sudah menggunakan motor off-road maka diwajibkan untuk bisa menguasai ketiga hal tersebut dengan cermat. Karena jika salah-salah maka akan mengakibatkan kecelakaan atau terpelanting.

  • Seimbangnya antara akselerasi dan tubuh

Ketika medan yang dilalui berat khusunya tanjakan maka kedua hal tersebut yang menjadi penentu bisa atau tidaknya menaklukkan medan tersebut. Oleh karena itu sangat dibutuhkan keseimbangan antara dua itu.

  • ¬†Tidak perlu banyak show-off dan gaya

Untuk mampu menaklukkan sebua medan yang dibutuhkan adalah skill dan keseimbangan bukan gaya. Apalagi untuk para pemula, sangat disarankan untuk tidak terlalu bergaya saat melintasi medan baik yang ringan maupun berat.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment