Fungsi Lapisan Lilin pada Ban

Bintangmotor.com – Biasanya pada ban yang baru terdapat lapisan berwarna putih pada permukaannya. Lapisan tersebut biasa disebut dengan lilin.

Lalu apakah fungsi dari lapisan lilin pada ban tersebut?

Fungsinya adalah untuk menjaga komponen ban agar tidak rusak ketika disimpan. Jadi ban akan tetap optimal ketika digunakan, walaupun tahun produksinya sudah cukup lama.

Lapisan lilin tersebut terbentuk karena pembuatan ban itu sendiri. Ketika ban sudah digunakan berkendara maka lapisan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Biasanya ban baru pada toko dilapisi dengan plastik transparan. Itu bertujuan agar calon pembeli mengetahui apakah terdapat lapisan lilin atau minyak pada ban tersebut sebelum membeli.

Namun, jika terlalu banyak lapisan lilin atau minyak pada ban juga akan menimbulkan efek negatif. Karena ban akan menjadi licin saat bersentuhan langsung dengan jalanan yang beraspal.

Sehingga sangat disarankan agar para bikers tidak melakukan manuver ekstrem saat baru mengganti ban nya dengan yang baru. Saat pertama kali ban digunakan, berkendara dengan kecepatan normal hingga kira-kira 100 kilometer, agar aman.

Tahun pembuatan ban tidak mempengaruhi kinerja dan fungsi dari ban tersebut ketika digunakan. Asalkan ban disimpan dengan baik.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment