Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Modifikasi Motor

Bintangmotor.com – Tak jarang pemilik sepeda motor melakukan modifikasi motor karena ingin tampilannya beda dengan yang lain.

Sepeda motor memang bukan hanya sekedar alat transportasi, namun juga bisa dijadikan media ekspresi seni untuk para pemiliknya. Namun sebelum benar-benar ingin melakukan modifikasi motor, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut :

  1. Terkait Masalah Hukum di Indonesia
    Aturan yang mengatur kendaraan hasil modifikasi di Indonesia memang abu-abu, apalagi untuk sepeda motor. Tak heran bila saat razia motor yang melakukan modifikasi mengganti knalpot, ban hingga headlamp ikut terkena razia.
  2. Garansi Pabrik Hilang
    Motor yang baru keluar dari pabrik biasanya disertai garansi dalam jangka waktu tertentu. Tapi garansi itu akan gugur jika kendaraan bermotor tersebut sudah dimodifikasi, misalnya mengganti tarikan mesin hingga memakai spare part yang bukan original. Apalagi untuk motor yang masih kredit, jangan sembarangan memodifikasi karena dapat menghilangkan garansi yang bisa mendatangkan masalah di kemudian hari.
  3. Menguras Kantong
    Jangan mencoba memodifikasi motor kalau tidak memiliki cukup uang, karena hobi yang satu ini cukup menguras uang dan tabungan. Sesuaikan modifikasi yang diinginkan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.
  4. Resiko Kecelakaan Lebih Tinggi
    Pabrik kendaraan sudah menghitung dengan teliti dan cermat untuk semua kendaraan bermotor yang dijual di pasaran. Bukan hanya model dan mesinnya saja, tapi juga faktor keamanannya. Namun tak jarang dari mereka yang memodifikasi kendaraannya tapi kurang memperhatikan keamanan semi tampilan modis. Seperti mengganti ban yang berukuran lebih kecil dari standarnya atau mesin yang beresiko memicu kecelakaan.
  5. Jadi Pembicaraan Karena Terkesan Lebay
    Salah satu tujuan untuk memodifikasi motor selain ingin tampil beda adalah mendapatkan pujian dan dikagumi karena kreatifitasnya. Tapi tak sedikit yang malah mengundang cibiran, karena terkesan lebay dan kurang memperhatikan kaidah-kaidah memodifikasi hanya karena ingin kendaraannya tampil keren.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment