Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Ban Motor

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Ban adalah satu-satunya bagian dari sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan jalan. Oleh karena itu, untuk memilih ban motor harus memperhatikan berbagai aspek.

Jika kita salah memilih, akan sangat membahayakan nyawa kita sendiri. Karena pemilihan ban yang tidak tepat dapat menyebabkan kecelakaan yang disebabkan ban sepeda motor mengalami selip atau tiba-tiba pecah.

Oleh karena itu, untuk ganti ban motor kita perlu memperhatikan tips berikut seperti yang dikutip dari Liputan6.com (25/2/2019) :

  1. Merek Ban Terpercaya

Cara mudah umtuk menentukan merek ban tersebut bagus adalah dengan menonton atau membaca event kejuaraan motor, baik di skala Nasional maupun Internasional. Karena banyak kepercayaan merek bukan karena merek tersebut sudah terkenal atau buatan luar negeri saja.

  1. Kebutuhan Pengendara

Memilih jenis ban tentu harus sesuai dengan kebutuhan, karena jika tidak akan terasa tidak nyaman dan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

  1. Kondisi Jalan yang Dilalui
  • Apabila anda biasa melalui jalan area kota yang kondisinya kering, pilih ban yang memiliki daya cengkram yang bagus.
  • Apabila anda biasa melalui jalan dengan curah hujan tinggi, maka lebih baik menggunakan ban khusus untuk jalanan basah dan berdaya cengkram bagus.
  • Yang terakhir adalah, apabila anda biasa melalui jalanan yang tidak rata atau bahkan belum diaspal, maka sebaiknya menggunakan ban tipe off-road.
  1. Tanggal Pembuatan Ban

Semua produk ban motor memiliki waktu produksi, dari tanggal produksi tersebut anda akan tahu kualitas dan mutu ban tersebut. Jadi penting untuk memperhatikan tanggal produksi jika ingin mengganti ban baru.

  1. Ukuran Ban dan Pelek Sesuai

Ukuran ban yang anda pilih harus sesuai dengan ukuran pelek sepeda motor yang anda miliki. Jika tidak sesuai maka cengkraman ban selama perjalanan akan berkurang.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment