Idling Stop System : Apakah Menjadi Fitur standart di masa depan pada setiap motor?

Pagi bro-sis Honda lovers kali ini mimin mau berbagi info dikarenakan masih banyak nya pertanyaan kelebihan nya apa sih teknologi ISS itu,sedikit bercerita dulu yah bro sis Honda lovers,mengenai teknologi Idling Stop System yang sudah di kembangkan oleh pihak HONDA brand/Merk motor yang pertama kali di Indonesia yang mengusung teknologi ISS (Idling Stop System). Awal mula nya hanya bisa khusus di rasakan oleh konsumen di indonesia yang bisa mengeluarkan kocek lebih dalam seperti type-type motor Honda kelas premium seperti salah satu nya HONDA PCX125 namun sekarang sudah bisa di rasakan di motor Honda kelas Entry level seperti Beat dan Vario.

Melihat para tetangga juga ikutan sibuk menanamkan (pohon kali aah hehehe) teknologi ISS di produk mereka dengan istilah nama yg berbeda namun fungsi nya serupa,seperti nya makin kesini teknologi ISS sudah mulai dirasakan penting oleh para bikers di Indonesia. Dan mimin melihat ada kemungkinan teknologi ISS menjadikan sebuah fitur standart yang ada pada motor di Indonesia.

oh iya bro sis Honda lovers udah pada tau belum ISS itu cara kerja dan kelebihan nya apa?
nah kalau belum tahu simak dulu yuk…


Gambar Ilustrasi

 

cara-kerja-idling-stop-system


 

Syarat agar Idling Stop bekerja :

  1. Tekan tombol ISS pada posisi “Idling Stop”
  2. Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100
  3. Temperatur mesin melebihi 60 derajat Celcius
  4. Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer
  5. Handle gas dalam posisi tertutup penuh
  6. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis

Cara mengaktifkan Teknologi Idling Stop System

Untuk mengaktifkannya,bro-sis Honda lovers hanya perlu mengubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (tekan ke bawah). Maka lampu hijau yang terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah aktif . Ketika motor anda berhenti selama 3 detik dan sistem ISS berfungsi dengan ketentuan syarat diatas terpenuhi, maka lampu hijau tersebut akan berkedip, sebelum nantinya akan menyala sempurna kembali ketika anda mulai menarik tuas gas.

Dengan adanya teknologi ISS ini, jumlah emisi bahan bakar yang berhasil dikurangi dapat mencapai 7% dibandingkan dengan yang tanpa teknologi ISS, berdasarkan pengujian oleh Honda menggunakan metode ECE R40.

Nah kesimpulan nya kalau ISS kedepan nya akan menjadi fitur standart yang di perlukan ayo bro sis Honda lovers beli motor nya yang sudah teknologi ISS yah biar lebih hemat BBM dan ramah lingkungan.

Okey sampai disini saja bro sis Honda lovers…

see you on next artikel…

salam satu hati…

salam satu aspal

 

 

 

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment