Jika Dibiarkan, Roda Motor yang Goyang Bisa Merusak Komponen Lain

Bintangmotor.com – Roda pada sepeda motor terasa goyang saat dikendarai, merupakan salah satu tanda atau gejala bearing sudah mengalami kerusakan.

Jika motor Anda mengalami hal tersebut, sangat disarankan untuk segera membawa motor ke bengkel resmi Honda AHASS untuk dilakukan pengecekan dan penggantian bearing.

Bearing yang rusak harus diganti agar mencegah kerusakan yang terjadi pada komponen lain, salah satunya adalah tromol.

Karena pada saat roda mulai goyang, posisi komponen mulai tak sesuai dengan rem yang seharusnya tetap lurus. Posisi roda yang tidak simetris inilah yang menyebabkan kerusakan pada tromol.

Singkatnya, pada saat rem dipakai, kampas rem cuma akan mengigit tromol di satu bagian. Sehingga permukaanya menjadi bergelombang dan akhirnya ikut rusak.

Tidak hanya tromol, komponen yang bisa ikut rusak karena bearing ialah gir dan rantai yang menjadi cepat aus. Ban dan suspensi juga bisa kena imbas bearing rusak yang tidak segera diganti.

Padahal mengganti bearing hanya memerlukan biaya sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu.

Jika Anda tidak menyadari atau tidak terlalu peduli dengan kondisi motor, maka Anda harus bersiap-siap untuk mengeluarkan uang lebih untuk perawatan motor Anda.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment