Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Bintangmotor.com – Berkendara saat musim hujan memang memiliki tantangan tersendiri. Jarak pandang yang terbatas dan jalanan yang licin membuat pengendara harus ekstra hati-hati.

Jalanan yang basah sering sekali membuat para pengendara mengalami kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pengendara agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas saat hujan.

  • Nyalakan Lampu

Saat hujan deras, jarak pandang akan semakin terbatas. Oleh karena itu menyalakan lampu menjadi salah satu solusi utama. Meskipun motor jaman sekarang lampu sudah nyala otomatis ketika motor dihidupkan, namun untuk beberapa motor keluaran jaman dahulu harus menyalakan secara manual.

  • Tidak Terlalu Dekat dengan Kendaraan Besar

Berkendara dekat dengan kendaraan besar seperti truk atau bus adalah suatu hal yang berbahaya. Selain sulit bagi pengendara melihat kondisi jalan di depan, kendaraan besar juga seringkali tidak bisa melihat kendaraan kecil yang membuntutinya, apalagi dalam kondisi hujan.

  • Berkendara dengan Kecepatan Rendah

Berkendara dengan kecepatan tinggi saat hujan bukanlah pilihan yang baik. Karena jalanan yang licin bisa mengakibatkan motor menjadi tergelincir. Sebaiknya menggunakan kecepatan rendah saat turun hujan agar pengendara memiliki kendali penuh pada kendaraan.

  • Hindari Pergerakan Tiba-tiba

Jalanan yang basah berpotensi membuat ban kehilangan traksi dan cengkraman pada aspal. Apabila gerakan dilakukan secara tiba-tiba maka bukan tidak mungkin kendaraan akan tergelincir dan hilang kontrol.

  • Perhatikan Pejalan Kaki

Saat turun hujan, pejalan kaki seringkali menggunakan fokusnya untuk menjaga diri agar tetap kering sehingga tidak memperhatikan sekitar. Karena hal itu, pengendara harus lebih waspada dan memperhatikan apakah terdapat pejalan kaki di sekitar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment