Tingginya populasi motor seakan tidak bisa dibendung. Bermodal 500 ribu rupiah atau bahkan tanpa uang muka pun kini masyarakat bisa mendapatkan motor kesayangan. Tapi sayangnya, semakin banyak pengguna motor, semakin sedikit kesadaran untuk tetap berhati- hati di jalan raya. Bahkan banyak pula kebiasaan- kebiasaan yang bisa berakibat fatal. Berikut ini beberapa hal yang mungkin teman- teman Ahass sering lakukan ketika mengendarai motor, dan sebaiknya jangan dilakukan lagi.

  • Dua jari berada di handle rem ketika motor berjalan1-01

    Kebiasaan ini sering kali kita temui di jalanan atau bahkan sering kita lakukan, dengan alasan agar cepat mengerem mendadak. Tapi hal ini justru membuat kestabilan kita dalam mengendalikan stang kemudi tidak maksimal.

  • Menggunakan 2 jari untuk menarik handle rem

    Meski dengan dua jari mampu menarik handle rem, tapi menggunakan 4 jari jauh lebih kuat dan stabil. Apalagi ketika kendaraan didepan kita berhenti mendadak.

  • Posisi kaki menyerong di footstep

    Operan dan pijakan rem dibuat oleh pabrikan di sesuaikan dengan kenyamanan pengendara. Konstruksinya disesuaikan dengan rata- rata panjang kaki agar pengendara bisa mengendalikan laju kendaraan dengan baik. Hal yang sering kita lakukan adalah menyerongkan kaki, atau meletakkan kaki kita di footstep belakang. Meski kadang nyaman, tapi tidak berarti aman.

  • Bermain HP saat mengendarai sepeda motor berkendara-sambil-sms

    Sering sekali kita lihat di jalan raya pengendara sepeda motor menggunakan telepon selular ketika mengendarai motor. Efek dari tindakan ini, konsentrasi pasti tidak fokus, dan hal ini merupakan sebagian besar penyumbang angka kecelakaan.

Sedikit info semoga berguna bagi teman- teman sekalian. Be safety and happy riding

Ahass Bintang Motor