udah menjadi kisah nyata bahwa kebanyakan orang punya motor, terutama yang punya duit pas-pasan, saat menemukan kiprok / regulatornya rusak, lalu ngecek harga Originalnya ternyata harganya selangit begitu juga dengan kiprok imitasi. akhirnya pakai produk imitasi atau kwalitas nomer 2. dipakai sebulan, langsung jebol lagi, jebol lagi dan jebol lagi.

Sebagai contoh milik Honda Grand. asli buatan Honda Genuine Parts harganya Rp. 103.000,-.
ketimbang mahal, akhirnya pilih barang murah alias imitasi yang harganya Rp. 50-60 ribuan.murah banget donk!!!tetapi sebulan atau dua bulan kemudian, aki enggak bisa ngisi lagi lantaran kiprok jebol, gejalanya lampu depan redup-redup…, terpaksa ganti lagi yang baru.
bukan hanya itu, mending jika kiproknya nggak mau ngisi aja, coba kalo kiprok bisa ngisi tetapi karena dioda zener didalam kiprok rusak, pengisian menjadi over, akibatnya dapat merusak sel-sel didalam aki, jadi selain sampeyan ganti kiprok, juga harus ganti aki baru.
belajar dari kejadian itu, makanya saya menyarankan kepada bikers semua, untuk beli yang asli, sebab pakai palsu jatuhnya lebih MAHAL. Meski harga regulator Grand orisinil diatas 100 ribu, tetap lebih murah lantaran dipakainya bisa lima tahun.Ingat! jangan salah beli, berikut part numbernya:
  • Tipe Grand/Supra = 31600-KRS-971
  • Tipe Tiger = 31600-KG1-920
  • Tipe Supra X125 = 31600-KTM-N01
untuk itu, meski sekali lagi gunakan spare parts orisinil yang direkomendasikan pabrikan demi kenyamanan anda dalam berkendara sehari-hari dan juga kenyamanan kantong belanja anda. 🙂
Regulator tidak seperti komponen listrik lain. Sistem kerjanya tidak bisa ditawar-tawar.
Selain mengubah arus AC menjadi DC juga membatasi arus listrik jangan sampai berlebihan.