Kondisi Seperti Ini yang Membuat Motor Tidak Nyaman

Bintangmotor.com – Jika keadaan motor tidak nyaman atau kurang stabil pasti yang menjadi sasaran penyebabnya yaitu bagian kaki-kaki motor, seperti ban, pelek, dan juga suspensi.

Namun, ternyata ada bagian atau komponen lain yang membuat perjalanan Anda terasa kurang nyaman, tapi belum banyak yang mengerti jika komponen ini juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Selain bagian dari kaki-kaki yang telah disebutkan tadi, ada satu part lagi yang bisa jadi penyebabnya.

Adalah Engine Mounting salah satu penyebab yang membuat berkendara kurang nyaman.

Motor matik menggunakan braket untuk menyatukan antara mesin dan rangka. Dan engine mounting adalah komponen yang ada para braket tersebut.

Engine mounting memiliki fungsi untuk penyambung, serta sebagai bantalan untuk meredam getaran mesin agar tidak terlalu besar.

Engine mounting terletak pada braket penyambung di bagian bawah, antara mesin dengan rangka.

Engine mounting juga memiliki masa pakai, sama seperti komponen lain yang ada pada motor. Namun, masih banyak juga pengguna sepeda motor yang kurang mengetahui berapa lama masa penggunaan engine mounting.

Bahan yang digunakan sebagai engine mounting ada beberapa jenis. Seperti, ada yang berbahan Polyurethane (PU) seperti bushing yang digunakan pada roda mobil.

Tetapi, engine mounting yang biasa ditemui di motor matik jaman sekarang biasanya berbahan dasar karet.

Apapun bentuknya, yang berbahan dasar karet pasti memiliki masa pakai. Karena lama kelamaan bahan karet engine mounting bisa jadi getas lalu pecah.

Biasanya kalau engine mounting ada material karetnya harus diganti berkala. Saran penggantian minimal 3 tahun pemakaian.

Jika dibiarkan engine mounting yang sudah rusak akan mempengaruhi kenyamanan saat riding.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment