From: Nur Suhadi
Pertanyaan:
Selamat pagi, saya punya keluhan pak. motor saya supra x 125 helm ini PGM-FI.
Sering Sekali lampu MIL motor saya berkedip saat saya gunakan, Lampu MIL akan menyala terus. setelah saya berhenti dan saya oper gigi ke netral lampu berkedip sebanyak 3 kali. Saya takut pak terjadi kerusakan pada motor saya. Terima kasih atas kesempatan untuk konsultasinya. Saya sangat mengharapkan pencerahannya.

Jawaban:
[Konsultasi] Lampu MIL pada Honda Supra X Helm In PGM Fi menyala 1Mal fungsi pada sepeda motor dengan system PGM FI bisa dideteksi dengan menyalanya lampu MIL ( Malfunction Indicator Lamp) pada dashboard. Jika diperhatikan, nyala lampu ada yang berkedip cepat ada juga yang pelan. Kedipan yang panjang berlangsung selama 1.3 detik, dan kedipan cepat selama 0.3 detik. Satu kedipan panjang dihitung 10, dan untuk kedipan cepat dihitung 1. Nyala lampu tersebut berulang secara periodic dengan kedipan yang sama.
Setiap kedipan sesuai dengan jenis kerusakan pada motor. Untuk motor Supra X Helm In PGM Fi Bapak, muncul 3 kali kedipan, jarak antar kedipan selang waktu nya sama atau berbeda?
Kalau 1 kedipan berlangsung agak lama, kemudian disusul 2 kedipan cepat, berarti jumlah 12 kedipan. Mal fungsi terdapat pada Injector. Mal fungsi tersebut bisa karena arus yang masuk ke injector kurang atau putus, terjadi hubungan singkat di kabel injector, atau yang fatal Injector mengalami kerusakan.
Untuk lebih jelasnya Bapak bisa cek ke Ahass setempat untuk pengecekan lebih lanjut, karena untuk memperbaiki system PGM FI menggunakan alat khusus.

Semoga penjelasan dari kami bermanfaat untuk Bapak Nur Suhadi,
Terima kasih

Salam
Ahass Bintang Motor