Merawat Tangki motor Sport agar lebih awet

From : Dedy Sofyan
Pertanyaan:
Selamat sore bung AHASS gue punya tiger 2007 saya bingung dengan tangki motor saya yang sering bocor, padahal sudah di tambal-tambal, nggak lama lagi sudah bocor lagi…
Ada tips nggak gimana ngerawat tangki tiger ane biar nggak cepet bocor bro? thanks atas jawabannya.

Jawaban:

Halo mas bro Dedy,
Tangki bensin khususnya motor sport sangat penting & rentan terjadi karat yg akhirnya timbul kebocoran, apalagi jika sering kena air hujan.
Ini ada tips ringan agar tangki motor sport kita bisa lebih awet:

  1. Lakukan kuras tangki setiap 3 bln sekali atau 5000km(buka tangki, goyangkan & bersihkan dg bensin baru) bila kesulitan bawa sj ke Bengkel Ahass Bintangmotor djamin BERSIH)
  2. Karat yg timbul jg bs dari air stelah kita cuci steam, jadi ðï sarankan bila ðï semprot tekanan air jgn terlalu tinggi & waspadai ðï bagian lubang tutup tangki yg mana dsitu ada saluran pernapasan yg kemungkinan air bs nyelip ke dlm tangki yg akhirnya bikin karat. (bilangin tukang steam nyemprot bagian ini jgn dg air bertekanan tinggi)
  3. Usahakan tangki selalu terisi bensin dg kondisi minimal 30% terisi, karena kalo sering kosong jika ðï parkir smalaman bs menyebabkan uap air timbul ðï dlmnya yg nantinya bs bikin karatan juga.
  4. Untuk menghindari adanya kemasukan air ke dalam tangki saat di parkir di luar halaman, maka gunakan kain penutup tangki yang terbuat dari bahan kain yg tahan air seperti bahan sarung jok (bikin sendiri bro).

Demikian tips Optimalisasi Motor dari AHASS Bintang Motor Semoga bermanfaat bagi Anda & rekan bikers lainnya.

Comments

  • Santoso
    April 12, 2012 at 1:42 pm

    itu pelapis tangki belinya dimana bro?

  • Tony Sandrias
    April 12, 2012 at 1:44 pm

    apakah perawatan tangki CBR juga sama? saya punya CBR 150 takutnya tangkinya juga cepet keropos kan mahal tuh beli spare partnya…!

  • Roger86
    April 12, 2012 at 7:50 pm

    Nice tips…

  • Abyparker
    April 13, 2012 at 8:44 am

    mas, apa per tiger revo yang tabung bisa dipake pada gl max?

  • alex
    Oktober 30, 2013 at 7:33 am

    Selamat pagi bung AHASS, saya masih bingun dengan pertanyaan anda yg ini : Usahakan tangki selalu terisi bensin dg kondisi minimal 30% terisi, karena kalo sering kosong jika ðï parkir smalaman bs menyebabkan uap air timbul ðï dlmnya yg nantinya bs bikin karatan juga.

    kalo diparkir didalem rumah dan tidak pernah dipakai hampir seminggu gitu, apa juga berimbas di tangki / nguap juga tangkinya ?

    Thank’s a lot for your attention

chat
Add a comment