Mengenali Penyebab dan Tanda-tanda Kompresi Motor Bocor

Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
Bintangmotor.com – Pasti Anda pernah melihat motor pengendara lain knalpotnya mengeluarkan asap dan berbau. Itu bisa jadi kompresi motor bocor dan perlu perhatikan.

Atau tiba-tiba merasa tarikan motor ngelos alias tidak ada tenaga sama sekali. Lalu muncul tanda-tanda lainnya seperti BBM makin boros, mesin terdengar menggelitik, asap kanlpot berbau tajam hingga pedih di mata, serta top speed turun drastis.

Umumnya ketika kebocoran sudah parah masin motor akan tiba-tiba mati saat dikendarai, lalu susah untuk dihidupkan kembali. Bila dibiarkan atau dipaksa jalan kemungkinan motor harus turun mesin karena kerusakan akan menyebar ke komponen lain.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kompresi motor bocor. Selain faktor kendaraan motor yang sudah berumur 5 tahun ke atas. Diantaranya adalah :

  1. Setingan klep terlalu rapat

Biasanya disebabkan karena bengkel yang anda pilih kurang professional dan hanya mengandalkan feeling untuk mengukur kerapatan klep. Solusinya adalah atur kembali klep motor sesuai dengan ukuran standar. Sebaiknya jika memiliki masalah dengan motor anda lebih baik datang ke bengkel resmi Honda Ahass Bintang Motor.

  1. Ring piston sudah aus dan harus diganti

Bisa juga disebabkan karena cylinder comp bermasalah, bisa karena belah atau boring yang cacar. Cara mengatasinya adalah mengganti komponen dengan yang baru.

  1. Paking atau karet seal klep sudah mulai getas

Jika sudah seperti ini harus ganti parking atau karet seal klep dengan yang baru. Dan harus barang berkualitas tinggi.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment