Pakai Oven Glove Saat Naik Motor Itu Berbahaya

Bintangmotor – Beberapa bulan terakhir, seringkali terlihat fenomena pengendara motor khususnya kaum wanita yang menggunakan ‘Oven Glove’. Itu dilakukan para kaum wanita untuk menggantikan peran sarung tangan saat mengendarai motor.

Dikutip dari DetikOto ( 20/05) Menggunakan Oven Glove maksudnya untuk menghindari panas, tapi nyatanya menggunakan ‘Oven Glove’ justru berbahaya apalagi saat terjadi kecelakaan. Si pengendara tak bisa menghindar jikalau kecelakaan itu menghampiri dirinya.

Menurut instruktur safety riding Queen riders Citra Ayu Lestari, Hal ini sangat berbahaya karena tangan kita masuk ke dalam Oven Glove, motor jatuh kita akan ikut jatuh ketarik tangan kita.

“Karena kan itu ¬†diikat di spion atau kalau tidak salah dicantelin di stang motor, jadi kita kalau mau mengerem pun jari-jari kita nggak leluasa untuk narik tuas rem itu bahayanya,” tuturnya.

Ia menambahkan menggunakan sarung tangan merupakan yang paling aman. Tak hanya menghindari panas, tapi juga apabila terjadi kecelakaan yang tak diinginkan si pengendara bisa terlepas dari motor.

Penggunaan Oven Glove sendiri pun sebenarnya untuk berkendara di negara-negara bermusim dingin. Namun di Indonesia justru untuk menghindari panas dan justru malah membahayakan.

“Sebenernya kalau nggak salah oven glove itu adanya di Jepang ya atau negara-negara yang ada musim dinginnya disana tuh untuk menghindari dingin, disini salah kaprah, biar nggak belang dan nggak ribet untuk lepas sarung tanga,” tutur Citra.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment