Pasang Lampu LED di Motor, Perhatikan Dulu Kelistrikannya

Bintangmotor – Brosis menggunakan lampu LED di motor pastinya akan membuat motor jadi lebih ganteng. Namun sebelum mengganti lampu ada yang perlu diperhatikan dulu.

Dikutip dari DetikOto (02/04) Untuk motor, Head Marketing CV Sampurna Part Niaga (Autovision), Dedy Kurniawan mengatakan sistem kelistrikan motor harus dilihat lebih dulu, dan kiproknya.

“Bukan relay, tapi kiprok buat ngisi aki. Kayak misalkan pakai HID (High Intensity Discharge), biasanya boros akinya cepet ngedrop, diganti aja kiproknya biar pengisiannya lebih besar,” ujarnya.

Penggunaan lampu LED maupun HID pada motor lebih rumit dari pada mobil. Terutama motor yang masih menggunakan sistem kelistrikan Alternating Current (AC). Ataupun sistem semi Direct Current (DC) atau sistem yang arusnya tetap namun belum keseluruhan.

“Kalau motor sekarang kan full DC, cuma ada motor tahunan 2013-2014 masih ada semi DC. Jadi harusnya dia ke mesin udah DC ke lampunya masih AC, biasanya yang itu susah dipasang HID & LED, efeknya kedip-kedip gitu kan, karena dia AC ngikutin gas,” tutur Dedy.

Meski sudah di bantu dengan sistem kelistrikan DC, jika konsumen ingin menggunakan lampu HID pada motornya harus tetap mengganti kiprok terutama untuk motor bebek dan matic karena untuk motor, lampu HID mempunyai daya (watt) yang cukup besar.

Nah Brosis untuk kalian yang ingin mengganti lampu motornya dengan HID / LED semoga informasi ini bermanfaat.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment