Sebelum Memasang Box pada Sepeda Motor, Pengendara Harus Mengetahui Ini

Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
Bintangmotor.com – Sepeda motor memang memiliki tempat penyimpanan yang terbatas. Oleh karena itu, tak jarang para pengguna sepeda motor menyiasati keadaan tersebut dengan menggunakan atau memasang box tambahan.

Namun, pada pemanfaatannya masih banyak pengguna yang asal memilih dimensi box tanpa menyesuaikan dengan jenis kendaraan dan aturan yang berlaku. Kebanyakan hanya berpatokan pada keperluan saja, seperti memilih box dengan ukuran dan kapasitas liter yang besar dengan harapan bisa menampung banyak barang bawaan.

Sebenarnya itu pemahaman yang salah. Seharusnya saat memutuskan akan memasang box hal utama yang diperhitungkan adalah aspek estetika dan juga safety.

Pemakaian box pada motor sendiri sebenarnya memiliki aturan. Yang paling utama disesuaikan dulu dengan bobot kendaraannya. Tidak asal mementingkan kapasitas tampung dan besarnya dimensi karena berpengaruh pada sisi safety saat berkendara.

Box yang terlalu besar bisa mengganggu kenyamaan saat berkendara, bahkan berpotensi menimbulkan resiko. Membawa box otomatis akan mempengaruhi handling saat bermanuver, stabilitas dalam berkendara juga akan berkurang.

Selain itu, bila ukuran box terlalu besar atau tidak sesuai dengan motor membuat ruang gerak pengendara lain juga menjadi sempit. Dan yang paling parah adalah akan mengganggu visibilitas berkendara karena menghalangi pandangan mata untuk melihat kondisi ke samping maupun belakang dari spion.

Untuk motor berjenis matik atau bebek tidak perlu box yang besar, karena bobot motor bisa bertambah. Dan yang paling penting dimensi box tidak boleh melebihi lebarnya dimensi setang. Karena bisa menghalangi pandangann pengendara lain atau terjadinya blindspot.

Box lebih baik digunakan hanya saat kita membawa barang saja, tidak digunakan setiap hari. Karena menggunakan box setiap hari akan menimbulkan kerugian materil bagi si pengendara.

Akibat bobot kendaraan bertambah, otomatis akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros, umur suspensi dan ban bisa menjadi lebih singkat karena menahan beban lebih setiap hari.

Pada beberapa merek box ternama, aturan pemakaian box yang benar itu biasanya akan dicantumkan agar para pengendara bisa mengerti fungsinya.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment