Seberapa Penting Balancing Ban pada Motor yang Dipakai Sehari-hari?

Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
Bintangmotor.com – Balancing ban adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambah timah pada bagaian yang kurang.

Balancing ban itu perlu, terutama buat motor yang sudah memakai pelek lebar. Balancing ban dianjurkan untuk motor yang sudah pakai pelek lebar.

Seperti pelek yang digunakan untuk motor sport dan matik bongsor baik 150cc, 250cc ataupun moge.

Penting atau tidaknya balancing tidak akan berasa ketika menggunakan motor pada kecepatan rendah hingga sedang, karena tidak berasa. Sedangkan ketika sudah kecepatan tinggi, baru akan berasa ban kurang stabil dan getar. Buat riding jadi kurang nyaman.

Balancing motor yang biasa dilakukan adalah Static, artinya hanya di satu titik saja yaitu titik keseimbangan. Saat balancing, ban motor dimasukkan ke dalam alat yang bernama balancer.

Alat canggih ini bisa menunjukkan di mana titik ban yang harus diseimbangkan. Setelah ketemu titik keseimbangan, mekanik akan memberiakan timah sesuai dengan gram yang dibutuhkan.

Pecahan timah sangat beragam, mulai dari 5 gram sampai 20 gram, sesuai yang dibutuhkan.

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan balancing ban tidak begitu menguras kantong, rata-rata dipatok dengan harga 50 ribuan.

Sayanggnya toko atau bengkel yang melayani balancing ban motor masih sangat sedikit. Makanya metode ini sangat jarang digunakan untuk pengguna harian.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment