Bisa dibilang, kalau Honda Scoopy Fi memiliki persamaan dari sisi engine dengan Honda BeAT Fi. Meskipun, BeAT Fi ‘lahir’ lebih dahulu di tahun 2012.

Sobat Ahass tentunya ingin tahu juga donk, apa saja part persamaan dari kedua skuter berbeda genre ini. Sehingga, pemilik BeAT Fi bisa mencomot komponen milik Scoopy Fi. Begitu juga sebaliknya, owner Scoopy Fi juga bisa mencomot milik BeAT Fi.

1. KEM & PELATUK
Kem atau noken AS di kedua skubek ini mengadopsi system ADS ( Auto Decompresion System) yang berfungsi untuk mempermudah proses starter agar lebih ringan. Dari bentuk, keduanya serupa alias similar. Bahkan, durasi buka-tutup kem yang dimiliki juga idem alias sama. Klep hisap akan membuka 5º sebelum TMA dan akan menutup 30º setelah TMB. Sedangkan klep buang akan membuka 30º sebelum TMB dan akan menutup -5º setelah TMA. Persamaan juga terletak di pelatuk klep.

2. PULLY & ROLLER
Layaknya BeAT Fi, Scoopy injeksi juga dirancang agar memiliki akselerasi yang lebih cepat dari generasi sebelumnya. Nah, untuk bagian roller baik itu BEAT Fi dan Scoopy Fi memiliki persamaan dengan Honda Vario lama yang mengusung berat roller 13 gram. Rumah roller pun memiliki kode part KVB. Pemakaian part ini, mampu memanjakan putaran atas. Sedangkan buat puli belakang, memiliki kesamaan dengan Honda BeAT atau Scoopy generasi awal yang masih usung karburator.

3. SYSTEM INJEKSI
Untuk menginjeksi bahan bakar ke ruang bakar, keduanya di lengkapi dengan throttle body dengan diameter  ventury 22 mm. Persamaan ini juga terletak dibagian injector yang mengusung model 6 lubang untuk semburkan proses pengabutan di ruang bakar.
Tangki bensin yang dimiliki, memiliki persamaan volume. Yaitu, 3,7 liter. Bensin di tangki, siap dikirim oleh fuel pump dengan tekanan yang juga sama. Ya, 294 KPa atau setara 43 psi. Dua skubek Honda ini juga dilengkapi sengan sensor oksigen alias O2 Sensor di head silinder dan TP (Throttle Position) Sensor di throttle body. Begitu juga CKP sensor di magnet. Tapi, untuk timing pengapian , sedikit alami perbedaan advance.

4. BLOK SILINDER & PISTON
Keduanya, mengaplikasi system konfigurasi mesin yang sama. Yaitu SOHC (Single Over Head Camshaft) 2 valve yang dilengkapi dengan bore alias diameter piston 50 mm dengan stroke alias langkah 55 mm. Sehingga menghasilkan volume silinder 108 cc. Rasio kompresi mesin juga sama. Bermain di 9,2 : 1 . Layaknya BeAT Fi, jumlah sirip- sirip yang terdepat di Scoopy Fi juga sama banyaknya. Sehingga bisa membuat mesin lebih adem. So, piston dan blok silinder keduanya bisa saling substitusi alias tukar pakai . (motor-plus)

Semoga bermanfaat ya bro-sist..,